Jelang Pencoblosan Pilkada 2020, Polisi Amankan Uang Rp450 Juta

- 9 Desember 2020, 19:03 WIB
Ilustrasi Pilkada serentak 2020, Jelang Pilkada Serentak 9 Desember 2020, KPU Siapkan Skema Perhitungan Suaranya dengan Sirekap.*
Ilustrasi Pilkada serentak 2020, Jelang Pilkada Serentak 9 Desember 2020, KPU Siapkan Skema Perhitungan Suaranya dengan Sirekap.* /Dok. Humas Skretariat Kabinet

GALAMEDIA - Setelah mendapat informasi tentang adanya "money politic" menjelang pencoblosan Pilkada Serentak 2020, Tim penyidik Sentra Gakkumdu Kabupaten Supiori, Provinsi Papua mengamankan uang sebesar Rp450 juta.

Wakapolda Papua Brigjen Pol Mathius Fakhiri, di Jayapura, Rabu 8 November 2020, membenarkan penyidik gakkumdu dari Polres Supiori, Selasa 8 Desember 2020 malam, mengamankan kendaraan dengan nomor polisi B 1796 CZM yang membawa uang Rp450 juta.

Menurutnya, temuan itu terungkap setelah mendapat informasi tentang adanya "money politic" di wilayah Polres Supiori, sehingga dilakukan penyelidikan.

Baca Juga: Sesalkan Tewasnya Pengawal Habib Rizieq, MUI: Hindari Kekerasan dan Rasa Saling Curiga

Hasil penyelidikan ditemukan mobil yang membawa uang sebanyak Rp450 juta di Desa Duber, Distrik Supiori Timur.

"Terungkapnya kasus tersebut saat anggota melakukan razia dengan sasaran senjata tajam, minuman keras, dan barang lainnya," kata Fakhiri seraya menambahkan, saat ditemukan uang tersebut sebagian besar sudah berada di dalam amplop.

Hasil pemeriksaan sementara terungkap uang tersebut akan diberikan kepada saksi atau relawan dan kasusnya sudah dikoordinasikan dengan Bawaslu dan kejaksaan yang menjadi bagian dari gakkumdu, kata Brigjen Pol Fakhiri.

Baca Juga: Pengawal Habib Rizieq Tewas Ditembak, Jimly Asshiddiqie: Kita Doakan, Jangan Jadi Beban Perpecahan

Anggota Bawaslu Papua Amandus Situmorang secara terpisah mengaku sudah mendapat informasi terkait kasus tersebut, namun masih diselidiki lebih lanjut.

"Kasusnya masih didalami dugaan pelanggarannya guna mengetahui siapa terlapornya," kata Amandus yang mengaku sedang berada di Waropen.***

Editor: Dadang Setiawan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X