Prabowo Subianto Terciduk Mau Borong F-18 dan F-15 untuk Siapkan 100 Jet Tempur Unggul Tambahan

- 11 Desember 2020, 07:14 WIB
Plt Menteri Pertahanan Amerika Serikat, Christopher Miller bersama Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto.
Plt Menteri Pertahanan Amerika Serikat, Christopher Miller bersama Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto. /Twitter/@DeptofDefense/

GALAMEDIA -  Kurang terekspos di tanah air,  Amerika Serikat (AS) ternyata menjual jet tempur F-15 dan F-18 ke Indonesia. Hal ini setelah berbulan-bulan pertemuan antara pejabat tinggi pertahanan dari kedua negara dilakukan.

Kementerian Pertahanan (Kemhan) AS menginformasikan, sinyal kuat tersebut diberikan Plt Menteri Pertahanan Christopher Miller saat mengunjungi Jakarta pekan ini.

Sebelumnya petinggi Pentagon itu datang dengan agenda kebebasan navigasi di Laut China Selatan (LCS), merujuk ketegangan Paman Sam dengan China.

"Indonesia telah mendorong AS menjual jet tempur F-15, F-18 dan F-35, tapi yang disepakati hanya dua model karena yang ketiga pengirimannya memakan waktu 10 tahun," tulis media tersebut mengutip Direktur Jenderal Strategi Pertahanan di Kementerian Pertahanan Indonesia, Rodon Pedrason dikutip Nikkei Asia, Kamis 10 Desember 2020.

Beberapa waktu lalu Menhan Prabowo Subianto juga rajin melobi beberapa negara seperti Prancis, Austria, dan Rusia agar mendapatkan jet tempur segera. Dengan Prancis, Prabowo menyatakan ketertarikannya untuk memboyong Jet Tempur Rafale.

Baca Juga: Semalam Kapolri Copot Kapolda Banten dan Karopenmas Divhumas Polri

Dengan Rusia, Prabowo berencana untuk membeli Sukhoi Su-35 dan dengan Austria, menteri dari Partai Gerindra ini bernegosiasi untuk membeli Eurofighter Typhoon bekas Angkatan Udara Wina.

F-15 dan F-18 diproduksi oleh perusahaan kedirgantaraan terkemuka AS, McDonnell Douglas dan Boeing.

Sementara itu di kesempatan yang sama Pedrason mengatakan Kemhan di bawah Prabowo berencana mengadakan 100 jet tempur unggul. Ini guna menambah armada Indonesia yang saat ini hanya berjumlah kurang dari 60.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x