Ogah Ikut Bareskrim Rekon Penembakan FPI, Komnas HAM: Puzzle Terangnya Peristiwa Semakin Detail

- 13 Desember 2020, 21:12 WIB
Komisioner Pemantauan dan Penyelidikan Komnas HAM Choirul Anam.
Komisioner Pemantauan dan Penyelidikan Komnas HAM Choirul Anam. /Twitter.com/@DPR_RI


GALAMEDIA - Komisi Nasional (Komnas) Hak Asasi Manusia (HAM) memastikan tidak hadir dalam giat rekontruksi perkara bentrokan aparat kepolisian dengan Laskar FPI yang menewaskan enam pengawal Habib Rizieq Shihab di Tol Jakarta-Cikampek KM 50.

Rekonstruksi tersebut mulai berlangsung Minggu 13 Desember 2020 malam ini.

Komisioner Komnas HAM, M. Choirul Anam, mengatakan sedianya memang pihaknya mendapat undangan untuk dapat hadir dalam giat rekontruksi kasus tersebut dari kepolisian. Namun, pihaknya tidak bisa menghadiri rekontruksi tersebut.

"Kami tidak bisa mengikuti untuk malam ini. Saya dan tim sedang mengkonsolidasi temuan sementara penyelidikan dari berbagai sumber, termasuk hasil olah TKP pendalaman pertama yang kami lakukan selama dua hari kemarin," kata Choirul yang juga selaku Ketua Tim Penyelidikan kasus tersebut, Minggu 13 Desember 2020.

Baca Juga: Weis, Tri Rismaharini Dikabarkan Bakal Jabat Menteri Sosial Pengganti Juliari Batubara

Ia menyebutkan, saat ini pihaknya sedang fokus untuk mempersiapkan pemeriksaan terhadap pihak Jasa Marga dan Polda Metro Jaya terkait tewasnya enam laskar FPI tersebut.

"Kami juga sedang persiapan untuk pengambilan keterangan besok untuk Jasa Marga dan Polda Metro," ungkapnya.

"Puzle terangnya peristiwa, semakin detail, kami dapatkan. Dan berharap semakin banyak yang diperoleh, semakin cepat terang," sambungnya.

Lebih lanjut, Choirul berharap kepada semua pihak elemen masyarakat yang mengetahui kejadian terkait tewasnya enam laskar FPI tersebut bisa mendatangi Komnas HAM untuk melapor.

"Harapan kami bagi masyarakat yang mengetahui peristiwa tersebut dapat memberi keterangan ke Komnas HAM," tandasnya.

Baca Juga: Mahfud MD Merasa Dirinya Hendak Diadu Domba Dengan Orang Madura

Bareskrim Polri akan melakukan rekontruksi kasus bentrokan aparat kepolisian dengan Laskar FPI yang menewaskan enam laskar di Tol Jakarta-Cikampek KM 50.

"Rekonstruksi itu adalah reka ulang, itulah yang akan dilaksanakan malam nanti sampai dinihari," kata Dirtipidum Bareskrim Polri Brigadir Jenderal Andi Rian.

Andi mengatakan, pihaknya akan memulai rangkaian pada pukul 23.00 WIB dengan titik kumpul di Polres Karawang. Menurutnya, rekonstruksi ini digelar secara terbuka.

"Ada beberapa lokasi di wilayah Kabupaten Karawang (yang akan direkonstruksi)," ungkapnya.

Baca Juga: Buya Yahya: Ada Apa dengan Bangsa Ini? Ada Orang Tua Tangisi Anak Ditembak Mati, Malah Dicaci Maki

Andi mengatakan, nantinya yang turut hadir dalam giat rekonstruksi tersebut ialah penyidik gabungan Polda Metro Jaya dan Bareskrim, serta mengundang juga Komnas HAM hingga Kompolnas.

"Yang dihadirkan dalam proses rekonstruksi yaitu penyidik Gabungan Polda Metro Jaya dan Bareskrim, proses rekonstruksi bersifat terbuka dengan mengundang Komnas HAM, Kontras, Amnesti Internasional dan Kompolnas," tandasnya.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x