Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan Dinobatkan Jadi Tokoh Muslim Paling Berpengaruh di Dunia

- 15 Desember 2020, 14:29 WIB
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan /instagram/erdogan/


GALAMEDIA - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dinobatkan menjadi tokoh Muslim paling berpengaruh di dunia versi pusat penelitian independen The Royal Islamic Strategic Studies Centre yang berbasis di Yordania, Selasa 15 Desember 2020.

Dalam daftar The Muslim 500: The World's Most Influential Muslims 2021, Erdogan dianggap sebagai tokoh Muslim paling berpengaruh dari pada Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz Al-Saud yang berada di posisi kedua.

Sementara itu, Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei dan Raja Yordania masing-masing menjadi tokoh Muslim paling berpengaruh ketiga dan keempat di dunia.

Baca Juga: Presiden Jokowi Kalahkan Imam Besar Al Azhar, Tokoh Islam Berpengaruh di Dunia 2020

Di tahun sebelumnya, Erdogan menduduki peringkat enam sebagai tokoh Muslim paling berpengaruh di dunia.

Menurut The Royal Islamic Strategic Studies Centre, Erdogan merupakan pemimpin yang berhasil membawa Turki menjadi salah satu negara kekuatan global utama (major global power).

The Royal Islamic Strategic Studies Centre juga menganggap perekonomi Turki tumbuh dalam tahap yang belum pernah terjadi sebelumnya di tangan Erdogan.

Erdogan juga dinilai sebagai pemimpin yang selalu mendukung dan berani mengangkat isu-isu yang dihadapi umat Muslim dunia.

Baca Juga: Jam Tayang Sinetron IKATAN CINTA di RCTI, 15 Desember 2020 Setelah Putri untuk Pangeran

Menurut lembaga tersebut, keputusan Turki mengubah kembali situs UNESCO, Hagia Sophia, di Istanbul menjadi masjid merupakan salah satu terobosan dalam dunia Islam.

Meski mendapat kritikan hingga kecaman dari sejumlah pemimpin dunia Barat, Erdogan berkeras mengubah kembali Hagia Sophia dari museum menjadi masjid pada Juli 2020.

Langkah Erdogan tersebut dianggap sebagai bentuk kebangkitan Muslim konservatif di negara sekuler seperti Turki.

Baca Juga: Karni Ilyas Belum Umumkan Judul Diskusi, ILC Kembali Tak Tayang Malam Ini?

Dalam daftar The Muslim 500, The Royal Islamic Strategic Studies Centre juga mengangkat keberhasilan Erdogan menggagalkan upaya kudeta, penanganan pandemi virus corona (Covid-19), serta relasi Turki dengan Amerika Serikat dan Rusia.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x