Vaksinasi Covid-19, Pemerintah Latih 462 Ribu Nakes dan Vaksinator untuk Disebar ke Daerah

- 16 Desember 2020, 13:19 WIB
Ilustrasi Vaksinasi/Pixabay
Ilustrasi Vaksinasi/Pixabay /

GALAMEDIA - Pemerintah saat ini tengah mempersiapkan penyediaan vaksin Covid-19 dengan melewati tahapan-tahapan pengujian klinik. Selain itu, pemerintah juga hingga saat ini masih menunggu dikeluarkannya izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM).

Di samping itu, untuk proses vaksinasi, pemerintah juga tengah menyiapkan tenaga kesehatan. Sebanyak 440.000 tenaga kesehatan dan 23.000 vaksinator terus dipersiapkan untuk pelaksanaan vaksinasi Covid-19 hingga ke seluruh daerah.

Menurut Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan, Oscar Primadi MPH, hingga 5 Desember 2020 lalu, pihaknya sudah memberi pelatihan kepada 12.408 orang untuk 21 provinsi. Sementara workshop penyiapan bagi tenaga vaksinator ini telah dilangsungkan untuk 29.635 orang dari 34 provinsi.

Baca Juga: Kenang 25 Tahun Kematian Nike Ardilla, Putri Bangsawan yang Jadi Lady Rocker Legendaris

"Semuanya berjalan sesuai dengan rencana kita dan Insya Allah kesiapan-kesiapan itu kita jaga dari sisi jumlah, proporsional dari semua provinsi akan tercakup” ujarnya dalam acara Keterangan Pers Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Senin 14 Desember 2020.

Kemudian, lanjutnya, pihaknya juga terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat sebelum program vaksinasi berjalan. Upaya edukasi ini harus sampai dengan merata ke daerah.

Baca Juga: Wow, Terbaru, Harga Emas Hari Ini, Rabu 16 Desember 2020, Harganya Anjlok

“Kita ingin masyarakat juga paham tentang pentingnya vaksinasi ini. Pemahaman soal kehalalan vaksin juga sudah kita upayakan dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI),"ujarnya.

Hal lain juga, katanya soal efektivitas vaksin tersebut juga harus dikomunikasikan dengan benar. Namun, yang tidak boleh ditinggalkan adalah mengkomunikasikan kepada masyarakat agar mematuhi dan menjalankan protokol kesehatan dengan baik.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x