Diduga Aset Rahasia Putin, Ditaksir Rp 3,8 Triliun Heboh Istana Federasi Rusia

- 17 Desember 2020, 16:21 WIB
Presiden Rusia, Vladimir Putin.
Presiden Rusia, Vladimir Putin. /Instagram.com/@leadervladimirputin

GALAMEDIA - Sebuah istana megah muncul di dekat Moskow dengan pemilik yang diselimuti kerahasiaan. Dibangun atas nama Federasi Rusia, media kini menduga bangunan mewah berlantai tiga itu kemungkinan milik sang presiden Vladimir Putin.

Dikutip Galamedia dari DailyMail, Kamis (17 Desember 2020) megahnya istana yang dibangun di kawasan elite tersebut membuat hunian mahal di sekitarnya tak ada apa-apanya.

Istana baru ini memiliki ruang hunian seluas 8.500 m2 dengan bangunan tambahan tiga lantai seluas 2,972 m2 dan kandang kuda seluas 1.997 m2.

Baca Juga: Panglima TNI : TNI Ikut Aktif Siapkan SDM Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19  
 
Terletak di lahan seluas 6 ha dengan dikelilingi tembok pengaman, istana baru tadi dilengkapi helipad, lapangan sepak bola, hutan, dan taman berlansekap luas, dan kolam buatan.

Pemiliknya hanya terdaftar sebagai Federasi Rusia, sementara pembangunan  dilakukan perusahaan bernama Property-V.

Dua fakta ini mengarah pada spekulasi bahwa properti sensasional itu milik seseorang berkedudukan tinggi di pemerintahan yang kemungkinan Putin sendiri.

Baca Juga: Kerjasama dengan Shohei Matsunaga, Ini yang Diharapkan Wakil Gubernur Jabar

The Interlocutor, kolom khusus situs berita Rusia, Sobesednik melacak pemilik properti tersebut namun tidak berhasil.

Sang kolumnis hanya menemukan Property-V memiliki banyak koneksi pada bisnis yang didirikan, dioperasikan atau bekerja atas nama mereka yang ada di lingkaran dalam Putin.

Anak perusahaan Property-V diketahui memiliki pengembangan di Krasnaya Polyana, resor ski Sochi.

Wilayah di sini termasuk rumah sejumlah orang yang terkait dengan Putin seperti Lyubov Kabaeva, ibu dari pesenam Olimpiade Alina Kabaeva.

Baca Juga: Pemkot Bandung Kaji Tes Cepat Antigen, Oded : Secepatnya Diputuskan

Mantan atlet 38 tahun yang juga taipan media itu  selama ini diyakini kekasih Putin meski kedua pihak sama-sama membantahnya.

Properti-properti dimaksud berada di Greenfield, salah satu lingkungan papan atas di Rusia.

Deskripsi dari promosi pemasaran menyebutnya 'standar baru kehidupan pedesaan dengan gaya pinggiran kota elite yang sempurna dan alam yang tenang'.

Baca Juga: Amien Rais Ngebet Temui Jokowi, Minta Pemerintah Tak Beri 'Angin Kencang' ke Komunis

Sebelum pembangunan istana misterius tersebut, Greenfield disebut-sebut sebagai tempat rumah termahal di Rusia berada. Kediaman dimaksud milik miliuner Yordania, Ziyad Manasir.

Kontraktor utama perusahaan energi milik negara, Gazprom yang juga tamu di pernikahan Katerina Tikhonova (34) yang diyakini sebagai putri bungsu Putin.

Rumah Manasir diperkirakan bernilai £ 120 juta atau Rp 2,2 triliun, tapi istana misterius dimaksud kemungkinan bernilai £ 202 juta atau tak kurang dari Rp 3,8 triliun.

Baca Juga: Panglima TNI Serahkan Kendaraan Operasional Kepada Dandenma Mabes TNI  

Andrey Ertman, perwakilan perusahaan yang membangun istana, menolak menyebutkan nama pemilik saat dihubungi The Interlocutor.

“Ini informasi rahasia. Pembeli aset semacam itu tidak selalu mengejar publisitas. Ini hak mereka,” jelasnya.

Putin terkenal sangat tertutup soal kehidupan pribadinya, bahkan menolak mengonfirmasi identitas anak-anaknya. Jadi sepertinya siapa pemilik istana tidak akan pernah diketahui secara definitif.

Baca Juga: Jelang Aksi 1812 Bela Habib Rizieq, Heboh di Media Sosial Kades di Jawa Barat Ikut Demo

Ini juga bukan rumah megah pertama yang diperkirakan dimiliki Putin. Rumah raksasa lain penguasa Moskow tersebut yaitu Istana Gelendzhik di Laut Hitam. Tapi ini pun spekulasi media.

Istana Gelendzhik yang ditaksir senilai Rp 1,4 triliun diperkirakan dibangun pada masa jabatan pertama Putin  sebagai presiden dan hingga tahun masih belum selesai. Tapi lagi-lagi Kremlin membantah Putin pemiliknya.

Halaman:

Editor: Mia Fahrani

Sumber: dailymail


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x