Satgas: Prokes Jadi Kunci Utama Menekan Naiknya Angka Kasus Covid-19

- 18 Desember 2020, 09:49 WIB
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito.
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito. /covid19.go.id

GALAMEDIA - Kunci utama untuk menekan peningkatan kasus Covid-19 yang cukup tinggi adalah melalui disiplin melalukan protokol kesehatan.

Kenaikan yang terus melonjak tajam harus menjadi perhatian bersama. Hal itu disampaikan Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito.

"Kita tidak boleh terus menerus membiarkan kasus aktif bertambah. Protokol kesehatan adalah kunci untuk menekan laju penularan," tutur Prof Wiku.

Baca Juga: Selebgram Seksi Berinisial TA Sudah Lebih dari 12 Jam Diperiksa Polisi

"Sehingga penambahan kasus positif harian, tidak semakin tinggi, dengan begitu angka kasus aktif dapat ditekan," lanjut dia dalam keterangan resminya, Jumat, 18 Desember 2020.

Prof. Wiku kembali menekankan pentingan protokol kesehatan karena saat ini masyarakat tampak mulai abai. Sejalan dengan itu, kasus aktif Covid-19 di Tanah Air pun terus meningkat.

Pada 13 Desember 2020, kasus aktif berada di angka 15,08 persen. Jumlah tersebut lebih besar dari angka tertinggi kasus aktif pada November 2020.

Baca Juga: Mulai Hari Ini 18 Desember 2020, Tarif Rapid Test di Airport Health Center Turun

Jika dibandingkan rata-rata, pada November lalu angka rata-rata kasus aktif nasional mencapai 12,8 persen dengan angka tertinggi 13,78 persen.

Sementara di bulan Desember, rata-rata kasus aktif sampai 13 Desember sudah mencapai 14,39 persen. "Tentunya ini bukan perkembangan yang diharapkan," kata Prof. Wiku.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x