Trump Ancam Takkan Angkat Kaki dari Gedung Putih, Krisis Nasional Hantui Pelantikan Biden

- 18 Desember 2020, 14:09 WIB
Potret kolase Joe Biden dan Donald Trump.
Potret kolase Joe Biden dan Donald Trump. /Instagram @joebiden dan @realdonaldtrump/

GALAMEDIA - Kurang dari lima pekan jelang pelantikan presiden terpilih Joe Biden pada 20 Januari, Presiden AS Donald Trump  memberitahu penasihatnya  bahwa dia akan menolak meninggalkan Gedung Putih pada hari pelantikan.

Menanggapi  rencana Trump bertahan di Gedung Putih hingga hari pelantikan Biden ditanggapi riuh oleh netizen hingga Secret Service mendadak trending topic.

Satuan pengaman Secret Service dan FBI akan menjadi pihak yang turun tangan seandainya skenario yang bisa memicu krisis nasional itu sampai kejadian.

Baca Juga: Luhut Pastikan China Bakal Tanam Modal Besar di Kawasan Danau Toba, Salah Satunya Bidik Bisnis Hotel

Dikutip Galamedia dari DailyMail, Jumat (18 Desember 2020) Trump meluapkan  'amarah yang tak terhingga ' setelah kekalahannya dalam pemilihan presiden.

Enam minggu sejak kalah pilpres dan minggu ini Electoral College mengonfirmasi Joe Biden sebagai  pemenang dalam pemilihan presiden, Trump tak menunjukkan tanda-tanda akan segera mengakui kekalahan.

Trump mengajukan banyak tuntutan hukum untuk membatalkan hasil pemilu dan   mengoceh di Twitter dengan  klaim pilpres diwarnai kecurangan dalam upayanya untuk tetap menjabat.

Baca Juga: Pantun jadi Warisan Budaya Takbenda Sangat Penting untuk Penguatan Karakter Siswa

Trump dilaporkan secara pribadi menerima bahwa dirinya kalah bulan lalu tetapi berbalik arah setelah mendapat dukungan dari orang dekatnya  seperti pengacara Rudy Giuliani dan Jenna Ellis.

Pada satu titik Trump bahkan mengatakan kepada beberapa penasihat bahwa dia akan menolak meninggalkan Gedung Putih pada 20 Januari. Meski demikian beberapa percaya dia kemungkinan hanya menggertak.

“Dia membuat ulah tapi dia akan pergi meski melakukan serangan,” ujar seorang seorang penasihat Gedung Putih.

Baca Juga: Sahrul Gunawan Kabarkan Kondisi Terkininya: Dari Ruangan Sekecil Ini...

Trump sekarang dilaporkan menghabiskan hari-harinya untuk memikirkan kekalahannya dan  merencanakan untuk balas dendam pada pihak-pihak yang dianggap mengkhianatinya.

Mereka yaitu anggota Partai Republik yang diyakini berbalik berseberangan dengannya, juga  eksekutif Fox News, anggota Kongres dan anggota kabinet.

“Dia mendapat  begitu banyak informasi yang salah sehingga kupikir dia benar-benar mengira hasil pemilu dicuri darinya, '' kata seorang penasihat Trump.

Beberapa jam setelah Electoral College mengumumkan Biden mengamankan hasil pemilihan, Trump mengumumkan Jaksa Agung William Barr akan mundur dari jabatannya.

Pengunduran diri terjadi setelah Barr diketahui mencegah penyelidikan federal terhadap keuangan Hunter Biden agar tidak go public sebelum pemilihan. 

Baca Juga: PlayStation 5 Sudah Bisa Dipesan di Indonesia, Ini Daftar Harganya

Halaman:

Editor: Mia Fahrani

Sumber: dailymail


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x