WHO Baru Akan Kirim Tim ke Wuhan China, Pandemi Covid-19 Sudah Berlangsung Hampir Setahun

- 19 Desember 2020, 09:22 WIB
LogoWorld Health Organitation (WHO) atau organisasi kesehatan dunia baru akan mengirim tim internasional ke Wuhan, China untuk menginvestigasi asal mula virus corona.
LogoWorld Health Organitation (WHO) atau organisasi kesehatan dunia baru akan mengirim tim internasional ke Wuhan, China untuk menginvestigasi asal mula virus corona. /WHO

GALAMEDIA - Pandemi virus corona atau Covid-19 sudah berlangsung hampir satu tahun.

Namun organisasi kesehatan dunia atau WHO baru akan mengirimkan tim ke Wuhan, China untuk menginvestigasi asal mula pandemi virus corona.

Hal itu disampaikan pejabat WHO pada Jumat, 18 Desember 2020. Menurut dia, yang akan dikirim ke China adalah tim internasional yang dipimpin oleh WHO.

Baca Juga: Pesawat SilkAir Jakarta-Singapura Jatuh ke Sungai Musi, 104 Orang Tewas pada 19 Desember 1997

Pakar kedaruratan WHO, Mike Ryan, mengatakan para pakar internasional akan mendatangi Kota Wuhan di China tengah, tempat kasus Covid-19 pertama terdeteksi pada Desember lalu.

"Kami masih belum mendapat tanggal keberangkatan sebab masih mengurus logistik seputar visa dan penerbangan. Kami berharap tim akan pergi ke sana (China) pada pekan awal Januari. Akan ada pengaturan karantina," terang Ryan saat konferensi pers.

"Tim akan mengunjungi Wuhan, itulah tujuan misinya. Poin misi ini adalah mendatangi titik asal di mana kasus manusia ditemukan. Mereka berharap penuh dapat melakukan itu," ungkap dia dikutip dari Antara.Baca Juga: Harga Emas Kembali Meroket! Antam Hari Ini Dijual Rp 1,9 Juta

Pejabat WHO juga mengatakan, tiga perempat kasus terjadi di Amerika. Pihaknya juga menyampaikan terima kasih kepada Kanada atas komitmennya untuk mendonasikan dosis vaksin ke negara lain.

Kepala teknisi Covid-19 WHO, Maria Van Kerkhove, mengatakan badan, tersebut telah berkoordinasi dengan ilmuwan Afrika Selatan yang mengidentifikasi adanya varian baru virus SARS-CoV2.***

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x