Puluhan Buruhnya Terpapar Covid-19, Kawasan pabrik Changsin Disemprot Desifketan

- 19 Desember 2020, 20:50 WIB
Suasanan pabrik sepatu Changsin di Kabupaten Garut
Suasanan pabrik sepatu Changsin di Kabupaten Garut /Robi Taufik

GALAMEDIA - Petugas dari pemadam kebakaran menyemprotkan cairan disinfektan di kawasan pabrik PT Changsin maupun lingkungan masyarakat setempat di Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, untuk mencegah penularan wabah Covid-19 usai ditemukan puluhan buruh terpapar Covid-19.

"Diprioritaskan untuk Changsin sesuai dengan arahan manajerial Changsin, untuk Damkar yang diprioritaskan adalah luar sekitar gedung yang ada di PT Changshin ini," kata Kepala Seksi Non Kebakaran Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Garut Dadan Wandani usai sterilisasi kawasan industri Changsin, Garut, Sabtu 19 Desember 2020.

Tim Disdamkar Garut menurunkan tiga unit kendaraan untuk melakukan penyemprotan di area pabrik dan lingkungan masyarakat di luar pabrik Jalan Raya Leles.

"Kalau area seperti yang besar itu menurunkan dua sampai tiga unit untuk kapasitas yang 3.500 (liter) dan 5.000 liter," kata Dadan.

Baca Juga: Plt Wali Kota Cimahi Berkomitmen Dampingi Pelaku UMKM Selama Pandemi Covid-19

Humas PT Changsin Reksa Jaya, Sobirin menambahkan penyemprotan disinfektan itu kerja sama dengan Dinas Pemadam Kebakaran untuk mensterilisasi lingkungan pabrik agar terbebas dari wabah Covid-19.

Pabrik yang memiliki lahan cukup luas dan banyak karyawan itu, kata dia, menjadi kewajiban perusahaan untuk mengantisipasi, menangani, dan menanggulangi kasus wabah Covid-19 apalagi saat ini masih terus terjadi penyebarannya di Garut.

"Upaya kami untuk mengantisipasi, menangani, dan menanggulangi paparan Covid-19, dan juga merupakan salah satu komitmen kami menindaklanjuti hasil pertemuan dengan Gugus Tugas Covid-19," katanya.

Baca Juga: Penyebaran Covid-19 Masih Tinggi, Ayo Jangan Berkerumun

Ia menyampaikan penyemprotan dilakukan secara berkala setiap akhir pekan Sabtu dan Minggu dengan jadwal yang ditentukan sampai Januari 2021.

Penyemprotan disinfektan, kata dia, tidak hanya dilakukan di lingkungan pabrik, tapi dilaksanakan di sekitar lingkungan masyarakat sekitar pabrik.

"Seluruh area baik di luar maupun di dalam, semua gedung, jalan-jalan, fasilitas-fasilitas umum, yang ada kerumunan karyawan, tanpa terkecuali semuanya kita semprot," katanya.

Baca Juga: Olivia Zalianty Gandeng Tokoh dan Seniman untuk Puisi Bela Negara

Sebelumnya tim Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Garut menemukan adanya puluhan pegawai PT Changsin yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x