Erddy Djunaedi : Polda Jabar Siapkan Skema Pengamanan Libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021

- 21 Desember 2020, 11:16 WIB
Direktur Lalulintas Polda Jabar Kombes Pol Eddy Djunaedi
Direktur Lalulintas Polda Jabar Kombes Pol Eddy Djunaedi /Remy Suryadie
GALAMEDIA - Pada libur Natal 2020 dan tahun baru 2021, Ditlantas Polda Jabar telah menyiapkan skema pengamanan, yang salah satunya disiapkan penyekatan di jalur tol, arteri, dan jalur wisata yang ada di Jabar. 
 
Hal tersebut diungkapkan Direktur Lalulintas Polda Jabar Kombes Pol Eddy Djunaedi kepada wartawan usai mengikuti gelar pasukan Operasi Lilin Lodaya 2020, di depan Gedung Sate, Jalan Dipenogoro, Kota Bandung, Senin 21 Desember 2020).
 
Masih dikatakan Eddy, penyekatan yang dimaksud, bukan untuk penutupan jalan, melainkan hanya untuk pembatasan dan pengaturan arus lalu lintas. 
 
"Jadi sudah ada, diatur oleh pemerintah daerah masing-masing, jadi kita nanti hanya melakukan pengamanan berkait dengan penyekatan-penyekatan di wilayah masing-masing. Kita siapkan pos pengamanan, pos pelayanan sudah tergelar, kita siap untuk berikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat dalam rangka tahun baru dan natal," jelas Eddy.
 
 
Lebih lanjut Eddy menjelaskan, dalam pelaksanaan nanti, setiap pos pengamanan dan pelayanan, hanya akan memberikan imbauan dan melakukan pemantauan penerapan protokol kesehatan. 
 
"Kita lakukan pembatasan saja, dan disitu tidak ada perayaan, kita tetap utamakan protokol kesehatan kita imbau masyarakat bahwa saat ini sedang pandemi covid belum selesai, mari sama-sama kita menahan diri, lebih baik kita di rumah saja untuk berlibur dengan keluarga memanfaatkan waktu luang dengan keluarga, jadi semuanya ditempat keramaian tidak ada perayaan," katanya. 
 
Untuk di jalur tol sendiri, Eddy mengatakan penutupan hanya dilakukan secara kondisional. Jika terjadi kepadatan, pihaknya baru akan melakukan rekayasa dengan pengalihan arus lalulintas. 
 
 
"Kita lihat situasional saja sifatnya apa-apa yang harus kita lakukan jika padat kita lakukan rekayasa," ucapnya. 
 
Kondisi saat ini, jalur arus lalulintas di Jabar, tutur Eddy, belum terdapat peningkatan. Ia berharap masyarakat mengikuti anjuran pemerintah untuk tidak berlibur ditengah pandemi Covid-19 saat ini. 
 
 
"Relatif kondusif, sampai dengan semalam masih kondusif, tol arteri. Belum ada kenaikan pergerakan masyarakat," kata dia.
 
 

Editor: Kiki Kurnia


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x