Jejak Digital Sandiaga Uno Sebelum Jadi Menteri: Saya Terhormat Jika Ada Kesempatan Menjadi Oposisi

- 22 Desember 2020, 17:58 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno (kiri) bersama Prabowo Subianto.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno (kiri) bersama Prabowo Subianto. /Twitter Sandiaga Uno

GALAMEDIA - Presiden Joko Widodo resmi mengumumkan perombakan atau reshuffle kabinet Indonesia Maju di Istana Presiden, Jakarta, Selasa, 22 Desember 2020.

Sandiaga Salahuddin Uno masuk jajaran kabinet. Mantan calon Wakil Presiden yang berpasangan dengan Prabowo Subianto pada Pilpres 2019 lalu itu ditujuk Jokowi menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggantkan Wishnutama Kusubandio.

Dalam konferensi persnya hari ini, Jokowi didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Ia mengatakan telah menetapkan penggantian menteri di sejumlah posisi.

Baca Juga: Ketum GP Ansor Jadi Menteri Agama: Gus Yaqut Anak Kyai Ternama, Pernah Berseteru dengan FPI

Secara total ada 6 pos menteri yang dirombak oleh Presiden Jokowi. Selain Sandiaga Uno, Tri Rismaharini yang sebelumnya menjabat Wali Kota Surabaya ditunjuk sebagai Menteri Sosial menggantikan Juliari Batubara yang tersandung korupsi.

"Bersama wapres ingin mengumumkan menteri-menteri baru yang akan duduk di anggota kabinet Indonesia Maju," kata Jokowi.

Selain Sandiaga dan Risma, Jokowi juga menunjuk Muhammad Lutfi menjadi Menteri Perdagangan. Ia sebelumnya mengemban tugas sebagai Duta Besar RI untuk Amerika Serikat.

Baca Juga: Erick Thohir Pamer Foto Jadul Bareng Sandiaga dan Lutfi Usai Reshuffle Kabinet: Kayaknya Asik

Posisi lainnya yakni Menteri Kesehatan yang kini diemban Budi Gunadi Sadikin, yang sebelumnya menjabat Wakil Menteri BUMN.

Kemudian Yaqut Cholil Quoumas, Ketua Umum GP Ansor periode 2015-2020, yang diangkat sebagai Menteri Agama dan Wahyu Sakti Trenggono, dari Wakil Menteri Pertahanan menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x