Kuota dan Pendaftar calon Haji di Kota Bandung Tidak Seimbang, Antrean Makin Panjang

- 24 Desember 2020, 13:42 WIB
ILUSTRASI haji.*
ILUSTRASI haji.* / /PIKIRAN RAKYAT

GALAMEDIA - Jika penyelenggaraan haji tahun depan kembali ditunda, sudah bisa dipastikan antrean calon jemaah haji akan semakin panjang.

Sampai saat ini saja, jumlah pendaftar haji di Kota Bandung mencapai 51.000 orang.

"Dengan jumlah pendaftar sebanyak itu saja, daftar tunggu haji di Kota Bandung mencapai 21 tahun," kata Kepala Kemenag Kota Bandung, Tedi Ahmad Junaedi, dalam sosialisasi penyelenggara ibadah haji tahun 2021 di Hotel Holiday Inn, Kamis, 24 Desember 2020.

Baca Juga: Menag Yaqut Cholil Qoumas Imbau Umat Kristiani Rayakan Natal dengan Sederhana

Dituturkan mantan kepala Kemenag Kabupaten Purwarkarta ini, kuota haji Kota Bandung tiap tahun sebanyak 2.427 orang. Jumlah itu tidak sebanding dengan jumlah umat Muslim yang mendaftar haji.

"Karena antara kuota dan masyarakat yang ingin naik haji tidak seimbang, daftar antrean makin panjang. Apalagi tahun ini penyelenggara haji ditunda hingga antrian haji makin panjang," katanya dalam acara dihadiri Wakil Ketua Komisi VIII DPR, Tubagus Ace Hasan Syadzily.

Namun Tedi optimistis ibadah haji tahun 2021 bisa diselenggarakan, meskipun tantangannya akan lebih komplek dan berat dengan adanya pandemi Covid-19.

Baca Juga: Misa Natal di Gereja Katedral Santo Petrus Dilakukan Secara Live Streaming

"Pemerintah dan DPR berkeinginan kuat untuk menanggulangi adanya pandemi ini, salah satunya dengan adanya vaksinasi Covid-19," katanya.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x