Indonesia Masuk 10 Besar Negara Utang Terbesar di Dunia, Demokrat: Jokowi Enggak Ada Lawannya Deh

- 25 Desember 2020, 09:59 WIB
Presiden Joko Widodo
Presiden Joko Widodo /

GALAMEDIA - Menjelang penutupan tahun 2020, utang Indonesia menjadi sorotan publik. Terlebih, rilis International Debt Statistics (IDS) 2021 dari Bank Dunia pada Oktober 2020 menyebutkan bahwa Indonesia masuk 10 besar negara dengan utang terbesar di dunia.

Indonesia berada di peringkat 7 dengan nilai utang sebesar 402,08 miliar dolar AS.

Deputi Isu dan Narasi Badan Komunikasi dan Strategi DPP Demokrat, Cipta Panca Laksana pun mengeluarkan sindiran atas “prestasi” yang diraih Indonesia di era Presiden Joko Widodo tersebut.

“Memang Jokowi enggak ada lawannya deh. Presiden lain mana bisa begini. Masuk 10 besar dunia,” ujarnya lewat akun Twitter pribadi, Jumat 25 Desember 2020.

Baca Juga: Gedung-gedung Berguncang, Filipina Dilanda Gempa 6,3 Skala Richter

Secara khusus, Panca menyindir seseorang yang dengan sebutan Panjoel. Di mana orang tersebut sempat berkomitmen untuk menjaga Jokowi agar tidak utang secara ugal-ugalan.

“Kasih tahu Panjoel utang kita meroket. Katanya dia mau jagain Jokowi biar nggak utang. Biar SBY saja yang utang ugal-ugalan kata si bibir getar,” sindirnya.

Senada itu, Kepala Badan Komunikasi dan Strategi DPP Partai Demokrat, Ossy Dermawan mengunggah tangkapan layar sebuah kicauan yang dilakukan akun @fadjroeL dengan nama Fadjroel Rachman pada 10 September 2014 lalu.

Baca Juga: Prabowo Subianto Telah Lupakan Para Pendukungnya di Pilpres 2019?

Adapun kicauan akun tersebut adalah, “ayo Indonesia kita kawal Presiden Jokowi untuk tidak menyelenggarakan negara menggunakan utang. Cukup SBY utang ugal-ugalan”.

Kini Ossy meminta orang yang mengunggah twit tersebut untuk memberi penjelasan ke publik, mengingat utang justru semakin membengkak di era Jokowi.

“Melihat situasi utang saat ini, mohon agar twit ini bisa dijelaskan oleh Ybs agar masalahnya menjadi KLIR,” tuturnya.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x