Bertahan di Tengah Pandemi dengan Mengoptimalkan Buruan SAE

- 25 Desember 2020, 23:37 WIB
Buruan SAE di Gang Andir Kidul 2, RT 05 RW 03, Kelurahan Pakemitan, Kecamatan Cinambo, Kota Bandung sudah mulai menghasilkan dan memberi manfaat bagi warga di tengah pandemi Covid-19. (Foto:Humas Pemkot Bandung)
Buruan SAE di Gang Andir Kidul 2, RT 05 RW 03, Kelurahan Pakemitan, Kecamatan Cinambo, Kota Bandung sudah mulai menghasilkan dan memberi manfaat bagi warga di tengah pandemi Covid-19. (Foto:Humas Pemkot Bandung) /

GALAMEDIA - Pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung hampir setahun, membuat masyarakat hidup dalam kondisi 'tertekan'.

Masyarakat pun dibuat stres karena berkurangnya aktivitas yang berpengaruh pada aspek ekonomi. Penghasilan menurun, sementara kebutuhan harus tetap terpenuhi.

Tak ingin berlarut-larut dalam kondisi yang tak jelas, masyarakat di Gang Andir Kidul 2, RT 5/RW 3, Kelurahan Pakemitan, Kecamatan Cinambo, Kota Bandung mulai 'memutar otak'.

Mereka pun mulai 'berdamai' dengan kondisi dan kebiasaan baru yang mau tak mau harus dijalani. Mencoba mengatasi keterbatasan, masyarakat di Gang Andir mulai mengoptimalkan Program Buruan SAE (Sehat, Alami, Ekonomis) sebagai salah satu manfaat ketahan pangan.

Setelah beberapa bulan, program itu pun menunjukkan hasil. Masyarakat yang menanam sayuran, seperti pakcoy, mulai memanen.

Baca Juga: Gawat! Varian Baru Covid-19 Muncul, Namanya B.1.1.7, Sudah Ada di Negara Ini

Tak cuma menanam sayuran, masyarakat di Gang Andir juga memanfaatkan lahan yang tersedia untuk ternak maggot, sampai membuat kolam ikan yang hasilnya bisa menjadi manfaat bagi kebutuhan masyarakat.

Seperti dikatakan Ketua RW 03, Komarudin. Ia mengungkapkan, sebelum munculnya Buruan SAE, wilayah tersebut memang sudah memanfaatkan lahan dengan menanam berbagai sayuran, ikan dan memanfaatkan sampah.

Semua itu, ujar Komarudin, memang dilakukan di tengah pandemi, agar masyarakat bisa memiliki kegiatan yang positif. Dipadukan dengan program dari pemerintah, Buruan SAE milik masyarakat Gang Andir akhirnya bisa optimal.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x