Meski Meninggalkan Duka, Ini Makna Dibalik Peristiwa Tsunami Aceh

- 26 Desember 2020, 21:17 WIB
Ilustrasi Tsunami Aceh /Pixabay /Wikiimages
Ilustrasi Tsunami Aceh /Pixabay /Wikiimages /


GALAMEDIA - Peringatan 16 tahun tsunami Aceh harus dijadikan sebagai media untuk membangun kekuatan masyarakat dalam menghadapi bencana.

Apalagi aceh menjadi provinsi paling barat Indonesia itu yang termasuk salah satu daerah yang rawan terhadap bencana alam.

“Peringatan ini hendaknya menjadi media untuk membangun kekuatan masyarakat Aceh dalam menghadapi berbagai bencana baik alam maupun bencana non-alam yang kerap terjadi di negeri kita,” kata Nova saat peringatan 16 tahun tsunami Aceh di Banda Aceh, Sabtu 26 Desember 2020.

Baca Juga: Langgar Protokol Kesehatan, Ratusan Restoran dan Kafe di Jakarta Ditutup Sementara

Gubernur Aceh Nova Iriansyah menjelaskan, tsunami pada 26 Desember 2004 silam yang melanda Aceh telah meninggalkan banyak duka. Namun di balik itu ada pesan yang wajib diemban, yaitu kesadaran dan kekuatan masyarakat dalam menghadapi bencana.

“Seperti bencana saat ini yang masih mengancam yaitu banjir, tanah longsor, dan termasuk yang sangat meresahkan yaitu pandemi COVID-19,” kata Nova.

Nova menyebutkan, tsunami sebagai suatu kejadian besar dan juga ujian tentu masih berbekas di hati dan ingatan masyarakat Aceh. Namun, ia meminta agar seluruh masyarakat untuk mengambil hikmah dari ujian itu, serta bertekad untuk terus bangkit dan menatap hari esok yang lebih baik.

Baca Juga: Bukan hanya Rapid Test, Dishub Jabar Juga Awasi Penerapan Protokol Kesehatan di Rest Area

“Kita harus terus berkarya dalam berbagai aspek kehidupan, terutama pembangunan dan pemberdayaan ekonomi keummatan,” kata Nova.

Sementara Guru Besar Ilmu Fiqh Universitas Islam Negeri (UIN) Ar Raniry Prof Fauzi Saleh, tsunami merupakan tanda-tanda yang banyak makna luar biasa yang dapat dipetik, salah satunya adalah kesabaran.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x