Tak Ada yang Bisa Sembunyi, Satelit Capella Mampu Abadikan Objek di Balik Dinding

- 28 Desember 2020, 05:00 WIB
Sebuah foto satelit diambil di atas Lembah Galwan di Ladakh, India, bagian yang diperebutkan oleh China, Selasa, 16 Juni 2020 lalu. (Foto: Antara/VIA REUTERS/PLANET LABS INC)
Sebuah foto satelit diambil di atas Lembah Galwan di Ladakh, India, bagian yang diperebutkan oleh China, Selasa, 16 Juni 2020 lalu. (Foto: Antara/VIA REUTERS/PLANET LABS INC) /

GALAMEDIA - Satelit baru yang mengorbit Bumi kini dapat merekam gambar beresolusi tinggi dari hampir semua tempat.

Menggunakan radar yang sangat kuat, kamera satelit dapat mengabadikan titik mana pun di Bumi karena mampu menembus lapisan awan bahkan dinding.

Ya, Capella-2 yang dirancang Capella Space dan dilengkapi Synthetic Aperture Radar (SAR) dapat menghasilkan citra di balik tembok sekalipun.

Baca Juga: Lagu Indonesia Raya Dilecehkan dan Presiden Joko Widodo Dihina Habis-habisan oleh Warga Malaysia

Dikutip Galamedia dari DailyMail, belum lama ini Capella-2 mampu menjepret titik di Bumi terlepas dari jarak pandang udara, awan atau waktu.

Teknologi yang sama kabarnya digunakan NASA sejak tahun 1970-an.

SAR menembakkan sinyal radio yang kuat untuk 'menerangi' objek sasaran dan dengan data gema yang memantul kembali, menghasilkan gambar yang detail.

Baca Juga: Lelaki Pelempar Bom Molotov ke Masjid Al -Istiqomah, Kapuk, Cengkareng Dibawa ke Psikiater

Citra yang menunjukkan bagian dalam struktur disebabkan oleh satelit yang memancarkan sinyalnya sendiri, tidak hanya mengumpulkan cahaya yang terkadang memungkinkannya menembus struktur.

Halaman:

Editor: Mia Fahrani

Sumber: dailymail


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x