Tradisi 111 Tahun, Ball Drop New York 2021 Perayaan Tahun Baru Paling Ditunggu di Dunia

- 28 Desember 2020, 10:38 WIB
Ilustrasi Tahun Baru 2021.
Ilustrasi Tahun Baru 2021. /Pixabay/jeffjacobs1990

GALAMEDIA - Pergantian tahun tinggal tiga hari saja. Menyambut 2021 di tengah pandemi, warga Amerika Serikat sepertinya tetap antusias.

Terbukti dari ramainya Time Square, New York pekan lalu oleh mereka yang bermasker kala persiapan ball drop mendekati akhir, meski pada waktunya bisa jadi plaza tempat perayaan Tahun Baru ini bakal melompong.

Dikutip Galamedia dari DailyMail, beberapa wakti lalu, selama ini secara simbolis pergantian tahun Amerika terpusat di kota berjulukan Big Apple.

Tepatnya ditandai tradisi unik berupa penurunan bola (ball drop) di Times Square.

Baca Juga: Lagu Indonesia Raya Dilecehkan, DPR RI Geram dan Minta Pemerintah Malaysia Tangkap Pelakunya

Ditempatkan di atap One Times Square dengan ketinggian 43 meter, bola yang tahun ini telah siap sejak minggu lalu diturunkan dalam hitung mundur 60 detik tepat pada pukul 11:59 dan berakhir dengan pesta kembang api menyambut detik pertama tahun yang baru.

Tradisi ball drop pertama kali digelar atas inisiasi Adolph Ochs, pemilik surat kabar The New York Times. Awalnya menjadi pelengkap rangkaian pesta kembang api malam tahun baru.

Bola dirancang oleh Artkraft Strauss dan tradisi pertama kali digelar pada 31 Desember 1907.

Bola yang disiapkan tahun ini.
Bola yang disiapkan tahun ini.

Baca Juga: DKI Lagi Tinggi-tingginya Penambahan Covid, Anggota DPR Ingatkan Larangan Gelar Pesta Tahun Baru

Absen pada masa Perang  Dunia II tahun 1942 dan 1943 menyusul pemadaman listrik, selama 111 tahun warga Amerika tak pernah melewatkan ball drop.

Tak seperti saat ini yang merupakan bola lampu kristal raksasa, desain bola Strauss terbuat dari kayu dan besi yang hanya diterangi 100 lampu pijar. Namun seiring waktu desain bola berganti sesuai perkembangan teknologi pencahayaan.

Dua tahun lalu bola bahkan dilengkapi sistem pencahayaan LED terkomputerisasi dengan permukaan luar berbentuk panel kristal segitiga.

Baca Juga: INGAT !!! Perayaan Tahun Baru Dilarang Konvoi dan Melakukan Kegiatan yang Mengundang Kerumunan

Hingga kini ball drop di Times Square menjadi salah satu perayaan tahun baru paling populer di dunia.

Disiarkan langsung stasiun TV, tak hanya disaksikan langsung 1-2 juta pengunjung, sekitar satu miliar warga dunia juga ikut menyaksikan ball drop lewat televisi maupun streaming  internet.

Tak itu saja, setiap ball drop memiliki tema masing-masing selain bola yang didesain unik. Tahun 2018 misalnya bola dirancang Waterford Crystal dengan tema The Gift of Serenity.

Halaman:

Editor: Mia Fahrani

Sumber: dailymail


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x