UI Pasang Lima Alat Peringatan Gempa Bumi EWAS di Derah Ciwaru Kabupaten Sukabumi

- 29 Desember 2020, 12:09 WIB
Seorang petugas tengah memasang alarm peringatan gempa bumi (Earthquake Warning Alert System/EWAS) di Kabupaten Sukabumi
Seorang petugas tengah memasang alarm peringatan gempa bumi (Earthquake Warning Alert System/EWAS) di Kabupaten Sukabumi /sci.ui.ac.id

GALAMEDIA - Universitas Indonesia (UI) pasang alarm peringatan gempa bumi (Earthquake Warning Alert System/EWAS) di Kabupaten Sukabumi dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Peneliti dari Departemen Geosains UI pada penghujung tahun 2020 telah memasang empat unit perangkat EWAS di rumah warga di Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi.

"EWAS mampu memberi tahu warga masyarakat akan kehadiran gempa bumi dalam waktu kurang dari lima detik," kata Ketua Tim Pengabdian Masyarakat UI Supriyanto dalam siaran persnya, Selasa 29 Desember 2020.

Baca Juga: Uji Klinis Vaksin Sinovac Telah Rampung, BPOM Pertimbangkan Izin Darurat Penggunaan

Supriyanto, yang juga merupakan Kepala Laboratorium Riset Kebencanaan di Departemen Geosains, menjelaskan, gempa bumi adalah getaran permukaan tanah dalam suatu kawasan yang sangat luas yang dipicu oleh pergerakan lempeng bumi (tektonik) ataupun aktivitas vulkanik.

"Oleh karenanya, beberapa alat EWAS harus disebar sehingga mengover suatu kampung atau suatu desa," katanya.

Sementara Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi Anita Mulyani mengatakan wilayah Sukabumi berpotensi menghadapi berbagai bencana alam termasuk tanah longor, tsunami, gempa bumi, dan puting beliung.

Baca Juga: Proyek APBDP Disdik Sumedang jadi Sorotan Publik

Dalam acara sosialisasi dan simulasi Sekolah Mitigasi Bencana Universitas Indonesia (SEmIBEN UI) pada 19 Desember 2020 di Desa Ciwaru dia mengapresiasi dukungan UI terhadap upaya mitigasi bencana gempa.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x