Perancang Busana Asal Prancis Pierre Cardin Tutup Usia

- 30 Desember 2020, 08:29 WIB
Pierre Cardin.
Pierre Cardin. /instagram.com / @pierrecardintr

GALAMEDIA - Perancang busana terkenal asal Prancis, Pierre Cardin meninggal dunia pada hari Selasa, 29 Desember 202 di usia 98 tahun.

Cardin merupakan desainer bertangan dingin yang mampu menjual berbagai produk di bawah mereknya. Berkarir selam 60 tahun, ia kerap mendapat cemoohan sekaligus kekaguman dari sesama perancang busana karena naluri bisnisnya yang berani.

Cardi memengaruhi panggung pagelaran busana dengan gaun gelembung futuristik serta potongan dan pola geometris. Hingga akhir hayatnya, Cardin, yang pernah menjadi mentor untuk desainer seperti Jean Paul Gaultier, aktif di lingkaran mode.

Baca Juga: Kasus Chat Mesum HRS Kembali Dibuka, FPI Mengancam: Panik, Mereka Pikir Kita Tak Punya 'Senjata'

Ia masih membawa desainer muda di bawah sayapnya, menghadiri pesta dan acara, dan secara teratur mengunjungi kantornya di Paris.

"Terima kasih Tuan Cardin karena telah membukakan saya pintu menuju mode dan mewujudkan impian saya," tulis Gaultier di Twitter, dikutip dari Antara.

Cardin adalah desainer pertama yang menjual koleksi pakaian di department store pada akhir 1950-an. Ia juga menjadi yang pertama memasuki bisnis perizinan untuk parfum, aksesori, dan bahkan makanan.

Baca Juga: WhatsApp Terancam Tak Bisa Digunakan di Sejumlah Ponsel Mulai 1 Januari 2021

Beberapa dekade kemudian, cokelat Armani, hotel Bulgari, dan kacamata hitam Gucci muncul. Semuanya didasarkan pada kesadaran Cardin bahwa pesona merek fesyen memiliki potensi perdagangan yang tak ada habisnya.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x