Hari Ini, 11 Tahun Gus Dur Wafat. Haul Tokoh NU itu Digelar Secara Virtual Disiarkan di Tiga Kota

- 30 Desember 2020, 10:08 WIB
Gus Dur
Gus Dur /nuonline.com

GALAMEDIA - Tanggal 30 Desember 2009, atau 11 tahun lalu, Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid alias Gus Dur mangkat di usia 69 tahun. Tokoh Nahdlatul Ulama (NU) itu meninggal dunia karena usia.

Seperti biasa, hari wafatnya Gus Dur setipa tahun selalu diperingati dengan haul di kediamannya di bilangan Ciganjur, Jakarta Selatan. Ribuan orang datang ke tempat itu, berduyun-duyun, baik dari kalangan sesama ulama, politikus, intelektual, cendekiawan, dan banyak tokoh lintas agama.

Namun, berbeda untuk tahun ini keluarga atau panitia telah memutuskan akan menggelar haul Gus Dur secara virtual.

Baca Juga: Gerakan Indonesia Melindungi Balita dan Ibu Hamil Dari Paparan BPA

Dikutip dari NU Online, Rabu 30 Desember 2020, situs resmi Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu menyebutkan, Haul Gus Dur ke-11 akan digelar secara virtual yang siaran langsung dari tiga kota, Jakarta, Yogyakarta, dan Jombang.

Haul Gus Dur kali ini mengambil tema 'Persatuan dan Solidaritas Satu Negeri Satu Cinta'. Ketua Panitia Haul, Anita Hayatunnufus alias Anita Wahid, menyebut tema itu berangkat dari kondisi Indonesia saat ini yang sedang membutuhkan kerja sama dan gotong royong untuk selamat dari wabah pandemi Covid-19 usai gelaran politik yang telah memecah persatuan masyarakat.

"Begitu pandemi Covid-19 muncul, hal pertama yang dilakukan adalah memastikan keluarga, orang-orang tersayang, dan orang-orang yang sangat terdampak oleh pandemi harus selamat dan aman. Bisa keluar dari kondisi sulit ini," ujar putri ketiga Gus Dur itu, Rabu.

Baca Juga: Meninggalkan Kenikmatan Dunia Itu Lebih Pahit dari Sabar, Tapi Pahalanya Seperti para Syuhada

Gus Dur meninggal pada 30 Desember 2009 sekitar pukul 18.40 di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta. Duka kabut tebal menyelimuti Bangsa Indonesia atas meninggalnya tokoh ulama salah satu ormas terbesar tersebut pada hari itu.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x