Kurs rupiah Ditutup Menguat Diahir Tahun Diduikung Sentimen Positif Global

- 30 Desember 2020, 10:30 WIB
Uang Rupiah
Uang Rupiah /whatsapp/galamedia

GALAMEDIA - Nilai tukar (kurs) rupiah ditransaksikan antarbank di Jakarta pada perdagangan akhir tahun berpotensi ditutup menguat didukung sentimen positif global.

Pada pukul 09.37 WIB, rupiah bergerak menguat 35 poin atau 0,25 persen ke posisi Rp14.095 per dolar AS dari posisi penutupan hari sebelumnya Rp14.130 per dolar AS.

"Nilai tukar rupiah kemungkinan masih bisa menguat di akhir tahun ini, masih karena sentimen positif dari eksternal yaitu rilis stimulus fiskal AS dan prospeknya serta optimisme kesepakatan Brexit," kata Kepala Riset dan Edukasi Monex Investindo Futures Ariston Tjendra di Jakarta, Rabu 30 Desember 2020.

Baca Juga: Ditinggal Istri ke Amerika, Sandiaga Uno Terekam Kamera Sedang Makan Bareng Wanita Cantik

Ariston menuturkan indeks dolar AS pagi ini juga terlihat melemah dan kembali masuk ke kisaran 89.

Menurut Ariston, pasar masih berekspektasi bahwa AS akan merilis stimulus fiskal lagi tahun depan untuk mendorong pemulihan ekonomi AS yang masih tertekan karena pandemi.

"Meskipun vaksin sudah mulai disuntikkan, tapi distribusinya belum merata dan meluas sehingga kasus penularan virus masih tinggi di AS. Jadi selama pandemi belum berakhir, pemerintah bakal mendorong program-program stimulus," ujar Ariston.

Baca Juga: Hari Ini, 11 Tahun Gus Dur Wafat. Haul Tokoh NU itu Digelar Secara Virtual Disiarkan di Tiga Kota

Ariston memperkirakan pada hari ini rupiah bergerak di kisaran Rp14.080 per dolar AS hingga Rp14.120 per dolar AS.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x