Salah Satu Unsur Instrumen Vital, Emil Jamin Pengamanan Vaksin di Bio Farma

- 1 Januari 2021, 08:02 WIB
Petugas menurunkan kontainer berisi Vaksin Sinovac saat tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Minggu, 6 Desember 2020.
Petugas menurunkan kontainer berisi Vaksin Sinovac saat tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Minggu, 6 Desember 2020. /ANTARA FOTO/DHEMAS REVIYANTO

GALAMEDIA - Tempatkan anggota TNI dan Polri, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil jamin pengamanan paket vaksin corona Sinovac yang sudah sampai gudang PT Bio Farma di Kota Bandung, Jawa Barat. Upaya pengamanan dilakukan pemerintah provinsi bersama unsur TNI dan Polri termasuk satpam perusahaan setempat.

Emil - panggilan akrabnya - mengatakan paket vaksin itu datang ke Bio Farma pada pukul 18.00 WIB, Kamis 31 Desember 2020 kemarin. Sebanyak 1,8 juta dosis vaksin asal China itu sudah dikawal sejak dikirim dari Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, Banten ke Bandung.

Baca Juga: Gempa Bumi Bermagnitudo 5,1 Guncang Kabupaten Sumba Barat Daya, NTT

"Pak Kapolda melaporkan jam 18.00 WIB paket vaksin sudah sampai ke gudang Biofarma, dikawal kepolisian dan TNI," kata Ridwan di Bandung, seperti dikutip dari Antara, Jumat 1 Januari 2020.

Menurut Emil, vaksin yang disimpan di gudang Bio Farma menjadi salah satu unsur instrumen vital dalam memerangi covid-19. Untuk itu, pengamanan dilakukan secara ketat, terlebih jumlahnya sudah mencapai 3 juta dosis vaksin Sinovac.

Baca Juga: BNNP Jabar Ungkap 118 Kasus Selama 2020, di Antaranya Menyita 27,26 Kg Sabu-sabu

"Jadi tidak hanya satpam Bio Farma, tapi di sana juga ada polisi dan TNI untuk memastikan barang itu tidak ada gangguan dalam proses perjalanan maupun penyimpanan di gudang, itu jaminan dari kita," katanya.

Sebagai informasi, tim gabungan TNI-Polri berjumlah 1.168 personel dikerahkan untuk mengawal perjalanan vaksin corona dari Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, Banten menuju kantor pusat Bio Farma di Bandung, Jawa Barat.

Baca Juga: Gempa Bumi Bermagnitudo 5,1 Guncang Kabupaten Sumba Barat Daya, NTT

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x