Sosialisasi Perubahan Perilaku Salah Satu Upaya Pemerintah Menekan Penularan Covid-19

- 1 Januari 2021, 13:57 WIB
Petugas Satgas Covid-19 Kota Bandung.
Petugas Satgas Covid-19 Kota Bandung. /Humas Kota Bandung

GALAMEDIA - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mengatakan sosialisasi perubahan perilaku merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menekan laju penularan Covid-19 di Indonesia.

"Kami sangat memahami bahwa pada awalnya mengubah sebuah perilaku dan mengadaptasi perilaku lain, tidaklah mudah. Namun bukan tidak mungkin," kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito melalui keterangan persnya, Jumat 1 Januari 2020.

Ia mengatakan dalam penanganan pandemi Covid-19 selama 2020, salah satu tantangan berat yang dihadapi pemerintah adalah aspek perubahan perilaku.

Baca Juga: Maklumat Kapolri, Masyarakat Dilarang Mengakses, Mengunggah dan Menyebarluaskan Konten Terkait FPI

Karena Covid-19 pada dasarnya merupakan penyakit yang sangat erat hubungannya dengan perilaku masyarakat, maka pengamatan terhadap perilaku masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan sangat dibutuhkan.

Untuk itulah, pemerintah telah membuat sistem monitoring Bersatu Lawan Covid-19 (BLC) Perubahan Perilaku untuk menekan penularan dan mengendalikan pandemi Covid-19.

Wiku menjelaskan bahwa peluang transmisi penularan virus SARS-CoV-2, penyebab Covid-19, dipengaruhi kedisiplinan menjalankan protokol kesehatan.

Baca Juga: Wasekjen PBNU: FPI Sudah Bubar dengan Sendirinya, Masyarakat Menjerit karena Kegaduhan

Untuk itu pemerintah telah menerapkan operasi yustisi untuk menegakkan peraturan disiplin protokol kesehatan. Dan bagi masyarakat yang tidak patuh, mereka akan dijatuhi sanksi.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x