Dua Polres di Tasikmalaya Gelar Kenaikkan Pangkat Perwira dan Brigader

- 4 Januari 2021, 12:02 WIB
Anggota Polres Tasikmalaya terapkan prokes saat gelar upacara korps kenaikan pangkat dan jabatan di Gedung GPW Polres Tasikmalaya.
Anggota Polres Tasikmalaya terapkan prokes saat gelar upacara korps kenaikan pangkat dan jabatan di Gedung GPW Polres Tasikmalaya. /Septian Danardi

GALAMEDIA - Dua Polres di kawqsan Tasikmalaya, yakni Polres Tasikmalaya dan Polres Tasikmalaya Kota gelar kenaikan pangkat perwira dan brigader.
 
Yang pertama Polres Tasikmalaya  melaksakan korps kenaikan pangkat pangkat perwira dan Brigadir Polri Polres Tasikmalaya, yang digelar di Gedung GPW Polres Tasikmalaya, Senin 4 Januari 2021.

Kapolres Tasikmalaya AKBP Hendria Lesmana mengatakan kenaikan pangkat tersebut sebagai salah satu reward bagi anggota yang menjalankan tugas. Selain itu, pelayanan serta tanggung jawab terhadap masyarakat dengan adanya kenaikan pangkat dan jabatan anggota harus lebih ditingkatkan.

Kenaikan dan korps raport juga digelar Polres Tasikmalaya Kota di halaman Mako Polres Tasikmalaya Kota.
 
Baca Juga: Inna Lillahi, Kabar Duka Kembali Berembus dari DPR RI: Bambang Suryadi Meninggal Dunia

Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP Doni Hermawan mengatakan, sebanyak 99 orang diantaranya 13 perwira dan 88 Bintara. Anggota yang naik pangkat bukan hak yang harus dipenuhi. Namun hal tersebut diberikan berdasarkan prestasi kerja dan kedisiplinan personel yang bersangkutan, serta berdasarkan kriteria yang telah ditentukan sesuai dengan jenjang kepangakatan dan tanggung jawabnya.
 
"Semoga dengan kenaikan pangkat ini bisa meningkatkan kualitas profesionalisme dan tanggung jawab, dibandingkan sebelum naik pangkat," ujarnya usai menggelar upacara.

Dikatakannya, penilaian terhadap prestasi kerja ini dilakukan melalui suatu proses yang cukup panjang.

"Kenaikan pangkat sesuai dengan sistem menejemen kinerja. Dengan demikian, kinerja anggota dihitung dan bukan otomatis berdasarkan masa kerjanya," katanya.
 

Usai melaksanakan upacara Korp Raport kenaikan pangkat, dilanjutkan dengan pemberian selamat dan syukuran. Namun ada tradisi yang unik dalam kegiatan tersebut, dimana seluruh anggota yang naik pangkat langsung disiram dengan menggunakan water canon.
 
Selain itu, ada perbedaan pada kenaikan kali ini. Seiring dengan kondisi pandemi Covid 19 maka personel yang naik pangkat tidak didampingi oleh keluarga, seperti biasanya.

"Hal ini untuk menghindari terjadinya kerumunan, serta disarankan tetap menerapkan protokol kesehatan seperti jaga jarak dan menggunakan masker," katanya.
 
Baca Juga: Buka-Bukaan! Menpan RB Tjahjo Kumolo Ungkap Komponen Dalam Penghasilan yang Diterima PNS

Pihaknya berharap, semoga personil yang naik pangkat hari ini bisa meningkatkan kinerja mereka dalam pengabdian kepada bangsa dan negara. Tentunya semuanya itu sudah diatur dan mempersyaratkan bahwa mereka sudah berkinerja baik tak ada palanggaran.
 
Namun, lanjut Doni, berdasarkan bukti kriteria tertentu yang mana penilaiannya itu berdasarkan sistem menejemen kinerja kalau mereka melewati kelayakan untuk naik pangkat.

Dikatakanya, saat ini Polri dihadapkan pada tantangan tugas yang semakin berat dan kompleks. Dimana perkembangan situasi masyarakat yang semakin pesat, untuk mengimbangi keadaan dan situasi sekarang ini. Sehingga SDM Polri yang berkualitas sangat dibutuhkan.
 

"Kita mengharapkan para anhgota itu meninggalkan kebiasaan-kebiasaan lama mungkin yang males-malesan kerja, males apel dan sebagainya dengan nuansa baru segar untuk menyongsong dengan pangkat baru mereka memberikan kinerja yang baik," katanya. ***


Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x