Akibat Pandemi, Jumlah Penumpang di Bandara AS Selama 2020 Berkurang 500 Jura Orang

- 5 Januari 2021, 08:57 WIB
Ilustrasi penumpang
Ilustrasi penumpang /ANTARA FOTO/Fauzan/foc./ANTARA FOTO

GALAMEDIA - Pemerintah Amerika Serikat mengungkapkan bahwa jumlah penumpang yang menjalani proses di pos pemeriksaan bandara AS selama 2020 berkurang 500 juta orang.

Jumlah itu merupakan penurunan sebesar 61 persen dari selama 2019 karena perjalanan udara melambat tajam selama pandemi virus corona, kada Badan Keamanan Transportasi AS (TSA), Senin 4 Januari 2021.

TSA mengatakan pihaknya menyaring 324 juta penumpang di seluruh pos pemeriksaan keamanan bandara pada 2020, turun dari 824 juta penumpang yang disaring pada 2019.

Dalam beberapa pekan terakhir, perjalanan sedikit meningkat. Pada Minggu (3/1), TSA menyaring 1,327 juta orang di pos pemeriksaan bandara, terbesar sejak pertengahan Maret, tapi masih turun 45 persen dari hari yang sama pada tahun 2020.

Baca Juga: Dekati Masa Pensiun, Idham Azis Wariskan Dua Kasus Besar ke Calon Kapolri Baru

TSA mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pihaknya mengantisipasi "volume perjalanan harian akan terus meningkat dengan mantap dan mengikuti pola musiman. Namun, badan itu memperkirakan volume akan tetap jauh di bawah tingkat prapandemi hingga sebagian besar masa 2021."

Airlines for America, sebuah grup dagang penerbangan, mengatakan volume penumpang maskapai penerbangan AS turun 57 persen dari level 2019 pada pertengahan Desember, dengan perjalanan domestik turun 56 persen dan perjalanan udara internasional turun 66 persen.

Menurut banyak maskapai penerbangan, perjalanan tidak akan pulih secara signifikan sampai vaksinasi dilakukan secara luas.

Baca Juga: BMKG : Waspada Wilayah Jabar Diprakirakan Akan Diguyur Hujan Lebat Disertai Kilat dan Petir Hari Ini

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x