Mensos Gencar Berburu Gelandangan, Wagub DKI Jakarta: Pasti Bu Risma Enggak Mikirin Jakarta Aja

- 5 Januari 2021, 11:17 WIB
Menteri Sosial Tri Rismaharini  saat mengajak berdialog tuna wisma di jalan.
Menteri Sosial Tri Rismaharini saat mengajak berdialog tuna wisma di jalan. /Tangkapan layar akun Facebook PDIP./


GALAMEDIA - Menteri Sosial Tri Rismaharini beberapa hari terakhir 'mengumbek' DKI Jakarta untuk menyisir gelandangan, pengemis hingga pemulung di sejumlah titik.

Hal itu pun menuai sejumlah respons dari sejumlah kalangan. Tak terkecuali Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza), Selasa 5 Januari 2021.

Ia menyebut keberadaan para Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) tidak hanya terjadi di Ibu Kota.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria.
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. ANTARA


Menurut Ariza, masalah gelandangan, pengemis atau pemulung hampir terjadi di semua provinsi di  Indonesia dan kota-kota besar di Tanah Air.

Baca Juga: Ucapkan Alhamdulillah, Teuku Wisnu Sampaikan Kabar Terbaru Syekh Ali Jaber

"Bu Risma juga tahu masalah sosial lainnya, yang gelandangan, masih ada yang menjadi pengemis, pemulung, yang tidur di kolong  jembatan, itu terjadi di mana? terjadi hampir di seluruh Provinsi, di seluruh Kota, enggak cuma di Jakarta, tetapi di seluruh Indonesia, bahkan di seluruh dunia," kata Ariza di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

Menurutnya, meski Risma sering blusukan di Jakarta namun, dia tidak hanya memikirkan masalah yang ada di Ibu Kota saja.  Sebab masalah sosial juga masih banyak terjadi di daerah dan kota besar lain di Indonesia.

Baca Juga: Kecam Pemberangusan Demokrasi, BEM UI Ungkap Alasan Minta Pencabutan SKB Pembubaran FPI

"Pasti Bu Risma enggak mikirin Jakarta saja, tetapi juga provinsi yang lebih membutuhkan. Saya tidak sebut yah, provinsi mana yang paling miskin, yang paling banyak pengangguran , saya tidak sebut. Pasti setiap menteri punya kebijakan prioritas," tuturnya.

Politisi Gerindra ini mengatakan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah berusaha keras untuk mengatasi masalah sosial, apalagi pada masa pandemi COVID-19 ini masalah semacam ini kata Ariza bakal terus bermunculan.

Baca Juga: Enggan Banyak Bicara, Menhan Prabowo Subianto: Entar yang Punya Niatan Tak Baik Akan Tahu

"Kami Pemprov berusaha keras mengatasi masalah  sosial makanya ketika ada COVID-19, waktu itu kebijakan pak gubernur langsung berikan bansos, pertama memberikan bansos di bulan Maret. karena COVID-19, ada orang yang di-PHK membutuhkan kebutuhan dan sebagainya," tukasnya.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x