Rotasi Tercepat dalam 50 Tahun, Bumi Berputar Lebih Cepat Tahun 2021 Akan Cepat Berlalu

- 6 Januari 2021, 13:05 WIB
Ilustrasi luar angkasa.
Ilustrasi luar angkasa. /PIXABAY/Free-Photos/

GALAMEDIA - Waktu berlalu begitu cepat sepertinya bukan sekadar ungkapan di tahun 2021. Ini karena  saat ini rotasi Bumi berlangsung lebih cepat dari biasanya.

Kecepatannya bahkan tercatat menjadi yang tercepat dalam setengah abad terakhir. Demikian diungkap data resmi para pakar.

Dikutip Galamedia dari DailyMail, Rabu (6 Januari 20210 akibat rotasi Bumi yang lebih cepat dari biasanya, panjang hari saat ini lebih pendek dari hitungan 24 jam yang ditentukan.

Baca Juga: Tak Tahan Menyaksikan Rekan Kewalahan Pasien Covid, Petugas Medis Ini Hanya Bisa Terkulai di Lantai

Para pencatat waktu dunia sekarang bahkan memperdebatkan apakah mereka akan menghapus satu detik dari hitungan waktu resmi sesuai perubahan sehingga hitungannya sesuai dengan rotasi Bumi.

Sementara penambahan 'detik kabisat negatif' belum pernah dilakukan, total 27 'detik kabisat' telah ditambahkan sejak tahun 1970-an, untuk menjaga waktu atom sejalan dengan waktu matahari.

Baca Juga: Rilis Karakter Berbokong Besar dan Perut Rata, Disney Dituding Promosikan Kecantikan Tak Masuk Akal

Ini karena, selama beberapa dekade, Bumi membutuhkan waktu sedikit lebih lama dari 24 jam untuk menyelesaikan rotasi. Tapi sejak tahun lalu, rotasi memakan waktu sedikit lebih sedikit.

Sejak 1960-an, jam atom mencatat panjang hari yang sangat akurat dan menemukan bahwa selama 50 tahun terakhir, Bumi membutuhkan waktu kurang dari 24 jam (86.400 detik) untuk menyelesaikan satu rotasi.
 
Namun di pertengahan tahun 2020, tren yang  berlangsung selama ini berbalik dan hari-hari sekarang biasanya lebih pendek dari 86.400 detik.

Baca Juga: 25 Tahun Stuffed Crust Pizza, Jadi Rebutan Pizza Hut Rilis Stuffed Crust Tanpa Pizza

Pada 19 Juli 2020, hari berlangsung selama 1.4602 milidetik lebih pendek dari 24 jam penuh, hari terpendek sejak pencatatan dimulai.

Sebelum tahun 2020, hari terpendek terjadi di tahun 2005, Namun rekor ini telah terpecahkan secara mengejutkan sebanyak 28 kali dalam 12 bulan terakhir.

Rata-rata, hari-hari saat ini berlangsung 0,5 detik lebih pendek dari hitungan  sempurna 24 jam.

Berkurangnya waktu yang terdengar sangat kecil ini hanya dapat dideteksi pada tingkat atom tetapi memiliki implikasi yang luas.

Baca Juga: Bebas Selundupkan Narkoba, Turis Israel Sebut Dubai Jadi Tempat Prostitusi Terbesar di Dunia

Satelit dan peralatan komunikasi mengandalkan waktu objektif  yang selaras dengan waktu matahari, yang ditentukan oleh posisi bintang, bulan, dan matahari.

Untuk menjaga keharmonisan yang utuh, pencatat waktu di International Earth Rotation Service (Layanan Rotasi Bumi Internasional) di Paris sebelumnya telah menambahkan apa yang disebut 'detik kabisat' untuk menyempurnakan hitungan satu hari.

Ini sudah terjadi 27 kali sejak tahun 70-an, terakhir pada Malam Tahun Baru 2016.

Namun, karena Bumi secara konsisten melambat dan tidak mempercepat putarannya, tidak pernah ada kebutuhan untuk menambahkan lompatan negatif kedua.

Baca Juga: Gencar Gelar Aksi Blusukan, KPK Warning Mensos Risma

Sekarang, mulai muncul  perdebatan tentang apakah diperlukan “koreksi” untuk memperbaiki perbedaan waktu yang semakin besar.

“Benar  Bumi berputar lebih cepat, ini putaran paling cepat dalam 50 tahun terakhir,” kata Peter Whibberley, ilmuwan peneliti senior National Physical Laboratory kepada The Telegraph.

“Sangat mungkin melakukan penambahan waktu yang kita kenal dengan  lompatan negatif kedua jika laju rotasi bumi semakin meningkat. Tapi masih terlalu dini untuk mengatakan apakah ini akan terjadi sekarang.”***

Editor: Mia Fahrani

Sumber: dailymail


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x