Jelang Vaksinasi Covid-19, Kabupaten Kota Diminta Segera Melakukan Simulasi

- 8 Januari 2021, 10:17 WIB
Ilustrasi vaksinasi.
Ilustrasi vaksinasi. /

GALAMEDIA - Koordinator Sub Divisi Imunisasi Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Jawa Barat dr Panji Fortuna Hadisoemarto mengatakan Pemda Provinsi Jabar mendorong pemerintah kabupaten/kota untuk menggelar simulasi vaksinasi Covid-19.

"Kami memfasilitasi pelatihan vaksinator secara bertahap sampai akhir Januari. Kami membantu kabupaten/kota meningkatkan kapasitas baik dari SDM dan logistik untuk memulai vaksinasi COVID-19," kata dr Panji, Jumat 8 Januari 2021.

Pemprov Jabar, lanjut dr Panji, juga proaktif membantu pemerintah kabupaten/kota menyiapkan proses vaksinasi Covid-19.

Baca Juga: Soal Pembubaran FPI, Ketua YLBHI Asfinawati: Putusan MK Aja Tak Dipakai

"Kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) dan logistik pun intens ditingkatkan. Dukungan dan bantuan diberikan supaya pemerintah kabupaten/kota siap memulai vaksinasi Covid-19," kata dia.

Pemda Provinsi Jabar akan melakukan pelatihan kepada sekitar 11.000 vaksinator sampai akhir Januari 2021. Selain itu, pelatihan bagi dokter dan petugas vaksinasi Rumah Sakit TNI/Polri dan klinik di Jabar sudah dilakukan. Demikian juga dengan Rumah Sakit Umum Daerah di 27 kabupaten/kota.

"Kami mendorong pemerintah kabupaten/kota untuk melakukan simulasi proses penyuntikan vaksin Covid-19," ucap Panji.

Baca Juga: Masyarakat Serahkan 5 Senjata Rakitan pada Satgas Pamtas RI-MLY Yonif Raider 200/BN Pos Apauping

Provinsi Jabar mendapat alokasi 97.080 dosis yang terbagi dalam dua tahap distribusi. Tahap I sebanyak 38.400 dosis. Sementara Tahap II sebanyak 58.680 dosis.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x