Untuk Pastikan Bantuan Diteriima Utuh, Kemensos Terus Perbaiki Skema Distirubusi Bansos

- 8 Januari 2021, 10:36 WIB
Menteri Sosial, Tri Rismaharini larang uang bantuan untuk dibelikan rokok dan miras
Menteri Sosial, Tri Rismaharini larang uang bantuan untuk dibelikan rokok dan miras /Pikiran Rakyat/Amir Faisol

GALAMEDIA - Skema distribusi bantuan sosial tahun 2021 terus diperbaiki Kementerian Sosial (Kemenso) untuk memastikan bantuan diterima utuh sesuai instruksi Presiden Joko Widodo.

"Kita evaluasi, laporan dari bank dan kantor pos berupa sidik jari, tanda tangan dan foto penerima bantuan, kalau dulu tidak ada fotonya," kata Menteri Sosial Tri Rismaharini di Balai Rehabilitasi Sosial Pangudi Luhur Bekasi, Jumat 8 Januari 2021.

Risma mengaku penyaluran bantuan tunai tahun ini langsung diterima lewat PT Pos Indonesia serta Himpunan Bank Negara (Himbara) kepada sedikitnya 10 juta penerima melalui akses data kependudukan.

Baca Juga: Jelang Akhir Pekan, Kurs Rupiah Kembali Terkoreksi dan Tembus Rp14.000/Dolar AS

"Pencairan sudah mulai sejak 4 Januari kemarin. PT Pos door to door yang Himbara saya minta lansia, sakit, dan disabilitas itu door to door juga, bank mungkin kesulitan, tapi kemarin kami sudah komunikasi dengan Kementerian BUMN, akan diserahkan ke PT Pos dari bank," katanya.

Perbaikan skema itu, kata dia, juga bertujuan untuk mengawal penerima bantuan agar benar-benar mampu keluar dari status kemiskinan.

"Kemiskinan ada tiga kategori, hampir, miskin, dan sangat miskin. Yang terakhir ini akan kita angkat, berat memang tapi kita akan lakukan secara bertahap melalui program pemberdayaan," ucapnya.

Baca Juga: BREAKING NEWS, Wali Kota Bandung, Oded M. Danial Terpapar Covid-19

Program tersebut di antaranya optimalisasi pemberdayaan bagi warga penyandang masalah kesejahteraan sosial melalui kegiatan ternak ikan, perbengkelan, las, pembuatan pupuk kompos, serta budi daya tanaman hidroponik khususnya di Balai Rehabilitasi Sosial Pangudi Luhur Bekasi.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X