Lupakan Dulu Calon Kapolri Jokowi, Ini Ternyata Institusi Kepolisian Terbaik di Dunia

- 8 Januari 2021, 13:07 WIB
Polisi Ausralia dinilai sebagai salah satu institusi kepolisian terbaik di dunia.
Polisi Ausralia dinilai sebagai salah satu institusi kepolisian terbaik di dunia. /afp.gov.au

GALAMEDIA - Ramai calon Kapolri pilihan Presiden Jokowi tentunya rakyat hanya ingin yang terbaik. Lalu, negara mana yang memiliki kepolisian terbaik?

Dikutip Galamedia dari wapsofworld belum lama ini ada sepuluh negara dengan kinerja mumpuni. Berikut daftar lengkapnya.

10. Kepolisian Bersenjata Rakyat China

Dengan personel tak kurang dari 1,6 juta orang, The People’s Armed Police Force (Kepolisian Bersenjata Rakyat) China  tak hanya menegakkan hukum tapi juga menjaga  perdamaian.

Baca Juga: Ramai Calon Kapolri, Beda dari Jokowi Ini Alasan Presiden Amerika Tak Dipusingkan Urusan Polisi

Para personel juga ikut bertanggung jawab untuk sejumlah fungsi penting lainnya seperti pemadam kebakaran,  pemberantasan obat-obatan terlarang dan perdagangan manusia.

Dengan jumlah personel tak sedikit, efisiensi kinerja meraka disebut-sebut menjadikannya sebagai salah satu kepolisian paling oke di dunia.

9. The Bundespolizei (BPOL), Jerman

Polisi Federal Jerman atau Bundespolizei (BPOL) bertanggung jawab langsung pada  Kementerian Federal Dalam Negeri.]

Baca Juga: Oded M Danial Terpapar Virus Corona! Daftar Kepala Daerah Positif Covid-19 Kian Panjang

BPOL memiliki yurisdiksi atas keamanan dan perlindungan penerbangan, jalur kereta api, dan perlindungan perbatasan. Selain pasukan polisi federal, Jerman  memiliki 16 kepolisian negara bagian.

Dengan 40 ribu personel BPOL diakui sebagai pasukan polisi paling efektif dan sangat terlatih dengan peran sentral menjaga hukum dan keamanan Jerman.

8. Royal Canadian Mounted Police

Royal Canadian Mounted Police (RCMP) atau lebih dikenal dengan The Force merupakan  kepolisian nasional atau lembaga penegak hukum federal Kanada.

Baca Juga: Longsor Mengancam, Jalan Desa Sundawenang Tasikmalaya Terputus

RCMP bertanggung jawab atas keamanan delapan provinsi negara kecuali Ontario dan Quebec.

Tak itu saja dengan personel lebih dari 28 ribu RCMP bertugas melindungi warga di 150 kota, 600 komunitas pribumi, dan tiga bandara internasional.

7. Polisi Nasional Prancis

Police Nationale merupakan satu dari dua pasukan polisi nasional yang bertugas menegakkan hukum di Prancis. Tak kurang dari 145.200 personel bertugas di kota-kota utama.

Baca Juga: PMBT Serahkan Berkas Hasil Musdes di 102 Desa Kepada DPRD Kabupaten Bandung

Selain diyakini sebagai gugus tugas terbaik dan paling efisien, kepolisian Prancis pun termasuk yang paling terlatih dengan standar induksi sangat tinggi.

Didirikan tahun  1966, Police Nationale bertanggung jawab langsung pada Kementerian Dalam Negeri.

6. Departemen Kepolisian New York

Banyak tampil di film-film, Departemen Kepolisian New York (New York Police Department/NYPD) sepertinya sangat dikenal luas. Tapi tak itu saja, profesionalitas dan efisiensinya diakui luas sebagai yang terbaik di dunia.

Didirikan tahun 1845 dengan personel saat ini yang mencapai 55 ribu pasukan pengaman paling senior AS ini juga merupakan pasukan terbesar.

Baca Juga: Terkonfirmasi Positif Covid-19, Oded Jalani Isolasi Mandiri dan Tetap Bekerja

Bertanggung jawab di lima wilayah New York City, NYPD diperkuat tim khusus layanan darurat, unit anti-terorisme, pasukan penjinak bom, dan unit anti-geng.

5. Badan Kepolisian Nasional Jepang

National Police Agency (NPA) Jepang berada di Top 5 bukan tanpa alasan.  Diperkuat hampir 8.000 personel, kepolisian Negeri Sakura disebut-sebut sangat sistematis.

Mengamankan negara kepulauan dengan tingkat kegempaan tinggi, NPA sejauh ini tak pernah gagal mengoordinasikan berbagai kepolisian negara yang rumit.

Termasuk mengambil alih seluruh sistem kepolisian dan mengatur bantuan selama bencana nasional. NPA juga bertanggung jawab atas kebijakan dan standar lembaga kepolisian di seluruh negeri

Halaman:

Editor: Mia Fahrani

Sumber: wapsofworld


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x