Pangdam Cenderawasih Ungkap Aktor Pembakar Pesawat MAF di Papua, Mayjen Yogo: Sangat Brutal!

- 9 Januari 2021, 13:25 WIB
Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono. /ANTARA/Evarukdijati
Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono. /ANTARA/Evarukdijati /

GALAMEDIA - Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono mengungkap aktor dibalik oembakaran pesawat milik Mission Aviation Fellowship (MAF) di Kampung Pagamba, Intan Jaya, Papua.

Berdasarkan penelusuran, pelaku berasal dari kelompok Sabinus Waker. Mereka melakukan pembakaran pesawat dengan nomor penerbangan PK-MAX pada Rabu, 6 Januari 2021.

"Kelompok itulah yang melakukan pembakaran terhadap pesawat milik MAF yang dilakukan sesaat setelah menurunkan dua orang penumpang," tutur Mayjen TNI Yogo, Sabtu 9 Januari 2021.

Baca Juga: Innalillahi, Habib Rizieq Dikabarkan Meninggal Dunia di Sel Tahanan karena Covid, Hoaks atau Fakta?

Dikutip dari Antara, Yogo mengakui kejadian pembakaran terhadap pesawat MAF sangat brutal. Pasalnya, selama ini maskapai itu membantu masyarakat dengan mengangkut warga beserta logistiknya.

Memang di sekitar Kampung Pagamba, Distrik Mbiandoga, tidak ada aparat keamanan yang bertugas karena mereka (TNI) berada di Sugapa.

Baca Juga: Mewah, Warga Satu Kampung di Tasikmalaya Nobar Sinetron Ikatan Cinta Lengkap dengan Prasmanan

Namun bila dibutuhkan, prajurit TNI siap dikerahkan karena aparat yang bertugas di wilayah itu bersiaga, tegas Pangdam Cenderawasih Mayjen TNI Yogo melalui telepon selulernya seraya mengaku masih berada di Timika .

Pesawat MAF yang dipiloti Alek Luferchek, berkebangsaan Amerika Serikat, dibakar sesaat setelah mendarat dengan membawa dua penumpang.

Baca Juga: Aura Kasih Bikin Geger! Telinganya Diperban: Serem, Pake Dibor Segala Tulangnya

Pilot diamankan pendeta dan masyarakat dengan membawa ke kampung tetangga dengan berjalan kaki dan Kamis, 7 Januari 2021 dievakuasi ke Nabire dengan menggunakan helikopter, siang harinya diterbangkan ke Jayapura.***

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x