Tertular dari Staf, Dua Ekor Gorila di Kebun Binatang San Diego Positif Covid-19

- 12 Januari 2021, 08:57 WIB
Ilustrasi gorila
Ilustrasi gorila /UWA via Aljazeera/

GALAMEDIA - Dua ekor gorila di kebun binatang San Diego, Amerika Serikat, dikonfirmasi positif Covid-19 setelah memperlihatkan gejala-gejala, demikian kata gubernur California, Senin 11 Januari 2021.

Hal itu diyakini kasus pertama yang diketahui mengenai penularan virus terhadap kera.

Gubernur Gavin Newsom mengatakan sumber infeksi tersebut masih diselidiki, entah ditularkan dari hewan atau dari manusia, seperti dikutip dari Reuters.

Baca Juga: Sinetron Ikatan Cinta: Kebohongan Al Akhirnya Terbongkar, Simak Jadwal Lengkap Acara RCTI Hari Ini

Laman resmi Taman Safari Kebun Binatang San Diego menyatakan gorila diduga terinfeksi dari staf yang tidak menunjukkan gejala, meski mereka mengikuti semua panduan keamanan Covid-19 yang direkomendasikan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS.

Otoritas kebun binatang mulai menguji sampel kotoran dari gorila setelah dua ekor gorila itu mulai batuk-batuk pada Rabu lalu, dan hasil awal yang ditemukan dua hari kemudian menemukan ada keberadaan virus di dalamnya.

Baca Juga: Ini Dia Lima Skill Wajib yang Harus Dikuasai di Tahun 2021 Agar Menghasilkan Uang di Era Digital

Laboratorium Layanan Hewan Nasional Departemen Pertanian AS mengkonfirmasi hasil positif pada hari Senin.

Direktur eksekutif kebun binatang Lisa Peterson mengatakan kedua gorila dalam keadaan yang baik-baik saja selain merasa sesak dan batuk. Mereka tetap dikarantina bersama dan tetap makan dan minum.

Virus corona juga telah ditemukan di sejumlah spesies hewan liar lain di penangkaran, termasuk beberapa singa dan harimau di kebun binatang Bronx di New York serta empat ekor singa di kebun binatang Barcelona, Spanyol.

Baca Juga: Gawat, FBI Peringatkan Akan Ada Serangan Bersenjata di 50 Negara bagian AS Jelang Pelantikan Biden

Namun gorila di San Diego diyakini jadi kasus infeksi pertama yang terjadi pada kera. Virus juga telah muncul di sejumlah anjing dan kucing piaraan.***

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x