Data Pribadi Wajib Di-share Februari Mendatang, Jutaan Pengguna Pilih Uninstall WhatsApp

- 12 Januari 2021, 18:35 WIB
WhatsApp akan hentikan layanannya di beberapa perangkat jadul mulai 1 Januari 2021 /Pixabay/Arivera

GALAMEDIA - Jutaan pengguna WhatsApp mengambil langkah drastis dengan menghapus aplikasi komunikasi itu menjelang kebijakan privasi baru yang memaksa mereka menyerahkan data pribadi pada Facebook.

Pembaruan yang akan diterapkan pada 8 Februari itu memengaruhi pengguna WhatsApp di semua negara di luar Eropa dan Inggris.

Baca Juga: Dalam Mencari Korban Longsor Cimanggung, Bupati Sumedang Minta Stamina Relawan Diperhatikan

Pengguna di wilayah ini akan diminta memberikan persetujuan pada Facebook untuk mengakses data, termasuk nomor telepon dan informasi cara mereka berinteraksi dengan orang lain, untuk terus menggunakan aplikasi.

Dikutip Galamedia dari DailyMail, Selasa (12 Januari 2021) persyaratan tersebut akan berlaku terlepas dari apakah pengguna WhatsApp memiliki akun Facebook atau tidak.

Keputusan ini membuat banyak orang beralih ke aplikasi saingan. Demikian data dari Sensor Tower.

Baca Juga: Hari Ini, Selasa 12 Januari 2021, 3.880 Dosis Vaksin Covid-19 Diterima Pemkot Cimahi

Saat kebijakan privasi tadi diumumkan pada 7 Januari, Telegram memperoleh hampir 1,7 juta unduhan baru dan Signal 1,2 juta unduhan. Sementara WhatsApp yang biasanya mendominasi, hanya memperoleh 1,3 juta unduhan.

Pemasangan WhatsApp juga turun 13 persen menjadi 10,3 juta unduhan dalam tujuh hari pertama Januari, dibandingkan dengan tujuh hari sebelumnya.

Halaman:

Editor: Mia Fahrani


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X