Data Pribadi Wajib Di-share Februari Mendatang, Jutaan Pengguna Pilih Uninstall WhatsApp

- 12 Januari 2021, 18:35 WIB
WhatsApp akan hentikan layanannya di beberapa perangkat jadul mulai 1 Januari 2021
WhatsApp akan hentikan layanannya di beberapa perangkat jadul mulai 1 Januari 2021 /Pixabay/Arivera

GALAMEDIA - Jutaan pengguna WhatsApp mengambil langkah drastis dengan menghapus aplikasi komunikasi itu menjelang kebijakan privasi baru yang memaksa mereka menyerahkan data pribadi pada Facebook.

Pembaruan yang akan diterapkan pada 8 Februari itu memengaruhi pengguna WhatsApp di semua negara di luar Eropa dan Inggris.

Baca Juga: Dalam Mencari Korban Longsor Cimanggung, Bupati Sumedang Minta Stamina Relawan Diperhatikan

Pengguna di wilayah ini akan diminta memberikan persetujuan pada Facebook untuk mengakses data, termasuk nomor telepon dan informasi cara mereka berinteraksi dengan orang lain, untuk terus menggunakan aplikasi.

Dikutip Galamedia dari DailyMail, Selasa (12 Januari 2021) persyaratan tersebut akan berlaku terlepas dari apakah pengguna WhatsApp memiliki akun Facebook atau tidak.

Keputusan ini membuat banyak orang beralih ke aplikasi saingan. Demikian data dari Sensor Tower.

Baca Juga: Hari Ini, Selasa 12 Januari 2021, 3.880 Dosis Vaksin Covid-19 Diterima Pemkot Cimahi

Saat kebijakan privasi tadi diumumkan pada 7 Januari, Telegram memperoleh hampir 1,7 juta unduhan baru dan Signal 1,2 juta unduhan. Sementara WhatsApp yang biasanya mendominasi, hanya memperoleh 1,3 juta unduhan.

Pemasangan WhatsApp juga turun 13 persen menjadi 10,3 juta unduhan dalam tujuh hari pertama Januari, dibandingkan dengan tujuh hari sebelumnya.

WhatsApp pertama kali memberitahu pengguna tentang perubahan kebijakan privasi baru dalam pemberitahuan minggu lalu.

Baca Juga: Unpad Manglayang Trail Run 2021 Bakal Hadir Bulan Juni Mendatang

“Sebagai bagian dari Perusahaan Facebook, WhatsApp menerima informasi dari, dan berbagi informasi dengan, Perusahaan Facebook lainnya.”

“Kami dapat menggunakan informasi yang kami terima dari mereka, dan mereka dapat menggunakan informasi yang kami bagikan dengan mereka, untuk membantu mengoperasikan, menyediakan, meningkatkan, memahami, menyesuaikan, mendukung, dan memasarkan layanan  dan penawaran mereka, termasuk Produk Perusahaan Facebook.“

Baca Juga: Minta Civil Society Luruskan Demokrasi, Eks Rektor UIN Syarif Hidayatullah: Agar Tidak Rusak Semua

Pada dasarnya, ini berarti Facebook sekarang dapat mengakses informasi termasuk nomor telepon, informasi tentang bagaimana pengguna berinteraksi dengan pengguna lain, dan mencatat seberapa sering dan berapa lama pengguna menggunakan aplikasi WhatsApp.

Data lain yang dapat dibagikan dengan Facebook termasuk alamat IP, detail browser, bahasa dan zona waktu.

WhatsApp diakuisisi Facebook pada tahun 2014 dan telah berbagi data dengan perusahaan induk sejak 2016.

Namun pengguna sebelumnya dapat memilih untuk tidak membagikan data pribadi dengan Facebook.

Baca Juga: Innalillahi, Kematian Akibat Covid-19 Hari Ini Pecah Rekor, Pasien Positif Kian Dekati Angka Sejuta

Dan sekarang pengguna wajib mengiyakan jika masih berniat menggunakan aplikasi di luar Eropa. Banyak pengguna WhatsApp yang marah dan mengungkapkan unek-uneknya di Twitter. Tak sedikit yang beralih pada aplikasi lain.

“Aku baru saja menghapus Whats App dan Instagram dari ponsel karena syarat dan ketentuan baru mereka membuatku takut.”

“Aku menghapus WhatsApp minggu lalu. Kehilangan beberapa kontak memang menyebalkan, tapi bagiku FB perusahaan kriminal. Aku tak bisa membiarkan mereka mengakses data pribadiku.”

Demikian di antara komentar yang bermunculan dan laporan App Annie, peringkat WhatsApp di Inggris dan AS langsung turun.

Baca Juga: Jaga Imun Tubuh dengan Konsumsi Kencur, Ini 6 Manfaat Kencur yang Jarang Diketahui

Di AS, WhatsApp berada di peringkat 38 dan nomor 10 di Inggris, jauh lebih rendah dari biasanya. Sebaliknya, Telegram dan Signal naik ke peringkat 13 di AS dan nomor satu di Inggris.

Jake Moore, spesialis keamanan siber ESET mengatakan tidak mengherankan jika banyak pengguna menghapus WhatsApp dengan pembaruan kebijakan privasi ini.

“Menegaskan bahwa aplikasi tidak tersedia kecuali Anda setuju memberikan data pribadi membuat  orang merasa terpaksa memberikan data mereka,” katanya.

Halaman:

Editor: Mia Fahrani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x