Ini Kriteria Calon Kapolri Pengganti Jenderal Idham Azis, Bisa Menyatukan Polri

- 12 Januari 2021, 19:17 WIB
Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis akan memasuki masa pensiun. /Divisi Humas Polri/


GALAMEDIA - Ketua Komisi III DPR RI Herman Hery mengungkapkan kriteria ideal yang dimiliki calon Kapolri pengganti Jenderal Polisi Idham Azis karena memasuki masa pensiun pada akhir Januari 2021.

"Sosok ke depan yang kami harapkan, sosok yang bisa menyatukan Polri. Menyatukan internal Polri, untuk menyatukan internal Polri, tentu mudah-mudahan senior-junior bisa disatukan.

Kami berharap ke depan, figur Kapolri betul-betul menjadi seorang pemimpin yang negarawan, bisa membawa institusi ini promoter (profesional, modern, terpercaya) yang sebenarnya," kata Hery saat ditemui wartawan di Jakarta, Selasa, 12 Januari 2021.

Baca Juga: Males WhatsApp-an? Lima App Chattingan Teratas Ini Layak Jadi Pilihan

Meski demikian, Hery menolak menyebutkan siapa nama calon Kapolri yang ideal menurutnya.

Sebab, nama-nama Jenderal Bintang Tiga yang diisukan publik saat ini memiliki kelebihan masing-masing.

"Saya tidak etis menyebut, semua kami kenal, karena saya sudah 16 tahun di Komisi III. Menurut saya, semua yang diajukan punya kelebihan-kelebihan kok," kata Hery seperti dilansirkan Antara.

Baca Juga: Data Pribadi Wajib Di-share Februari Mendatang, Jutaan Pengguna Pilih Uninstall WhatsApp

Seperti diketui, Kapolri Jenderal Idham Azis akan memasuki masa pensiun pada akhir bulan Januari 2021. Seiring dengan hal itu, sejumlah nama perwira tinggi (Pati) Polri disebut-sebut untuk menggantikan kursi "Tri Brata" (TB-1).

Salah satu syarat untuk menjadi calon Kapolri adalah anggota Polri yang berpangkat jenderal bintang tiga atau Komisaris Jenderal.
Kini, ada beberapa Pati Polri yang disebut-sebut sebagai calon kuat menggantikan Jenderal Idham pada akhir Januari 2021.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X