Razia Plat Kendaraan Luar Cimahi, Petugas Hanya Beri Imbauan bagi yang Tak Bawa Surat Bebas Covid

- 13 Januari 2021, 13:26 WIB
Seorang petugas Satlantas Polres Cimahi tengah memeriksa surat keterangan bebas Covid-19 dari seorang pengendara yang masuk Kota Cimahi via Tol Baros, Rabu 13 Januari 2021 /Laksmi Sri Sundari
GALAMEDIA - Tim gabungan dari Polres Cimahi, Dishub Kota Cimahi, dan Satpol PP Kota Cimahi memeriksa sejumlah kendaraan bermotor berpelat nomor luar daerah yang keluar dari Gerbang Tol Baros, Kota Cimahi, Rabu 13 Januari 2021.

Setiap kendaraan yang melintas terutama berpelat nomor polisi luar daerah,  langsung diberhentikan untuk dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Pemeriksaan terutama surat tes Covid yang menyatakan reaktif atau negatif Covid-19.

Petugas juga memeriksa sarana protokol kesehatan yang ada di dalam kendaraan seperti handsanitizer, dan penggunaan masker. Selain itu dilakukan pula pengecekan suhu tubuh dengan menggunakan thermogun.

 
Baca Juga: Berkirim Surat ke DPR, Presiden Jokowi Tunjuk Komjen Listyo Sigit Prabowo Calon Tunggal Kapolri

Sejumlah pengendaraan ada yang membawa surat yang menyatakan bebas Covid, banyak pula yang tidak membawanya. Bagi yang tidak membawa surat keterangan bebas Covid-19, petugas hanya memberikan imbauan.

Kasat Lantas Polres Cimahi, AKP Susanti Samaniah mengatakan, pihaknya melakukan pemerikasaan kendaraan dari luar daerah yang masuk ke Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat (KBB).

"Kami melakukan pemeriksaan surat keterangan yang menyatakan bebas Covid terhadap pengemudi yang akan masuk ke Cimahi dan Bandung Barat. Pemeriksaan dilakukan di wilayah perbatasan. Kami bekerjasama dengan Pemkot Cimahi dan Pemkab Bandung Barat," katanya.

 
Baca Juga: Emil : Yang Menolak Vaksin Covid-19 Orang Yang Membahayakan dan Bisa Didenda Rp100 Juta!

Menurut Susanti, pemeriksaan itu dilakukan untuk memastikan warga yang masuk Kota Cimahi dan KBB tidak terpapar Covid-19.

"Tujuannya untuk mengecek apakah warga yang masuk ke Cimahi dan Bandung Barat itu terhindar dari covid atau tidak,  sedang sakit atau tidak," ujarnya.

"Bagi yang tidak membawa surat keterangan bebas covid, kami beri imbauan untuk segera melakukan pemeriksaan rapid antigen," tambah Susanti.

 
Baca Juga: Bupati Bandung Barat, Aa Umbara dan Istri Terkonfirmasi Covid-19

Selain itu pihaknya juga melakukan sosialisasi penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), dan  penerapan protokol kesehatan yakni menggunakan masker, mencuci tangan pakai sabun atau hansanitizer, menjaga jarakn dan menghindari kerumunan.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X