Sungai Cikidang Dan Citanduy Meluap, Genangi Pemukiman Warga Sukaresik Tasikmalaya

- 14 Januari 2021, 08:40 WIB
Luapan sungai Citanduy dan Cikidang memgakibatkan ratusan rumah warga di Sukaresik, Kabupaten Tasikmalaya terendam. /Septuan Darnadi/galamedia

GALAMEDIA - Pemukiman warga di Desa Tanjungsari, Kecamatan Sukaresik, Kabupaten Tasikmalaya terendam banjir luapan sungai Citanduy dan Cikidang, Kamis 14 Januari 2020 sekitar pukul 01.00 WIB.

Hujan deras sepanjang siang hingga tengah malam yang mengguyur wilayah Tasikmalaya, hingga meningkatkan volume air ke sungai.

Salah seorang warga terdampak Iip (42) mengungkapkan, banjir kiriman tersebut merupakan langganan di musim penghujan ini.

Telah beberapa kali dilakukan pengerukan atau pembangunan tanggul. Namun volume air tetap saja tidak tertampung saat terjadi hujan deras yang durasinya lama.

Baca Juga: Muhammadyah dan NU Sepakat Tak Persoalkan Aspek Primordialisme Penunjukan Kapolri

"Banjir yang diakibatkan dari hujan yang terus menerus sejak pukul 15.00 WIB sampai pukul 22.00 WIB," katanya.

Selain itu, kiriman air juga dari sungai kecil di kecamatan lain yang masuk ke Sungai Cikidang dan Citanduy.

Sehingga air dari kedua sungai tersebut menjadi tidak tertampung dan lama kelamaan meluber yang pada akhirnya merendam pemukiman penduduk.

Hal yang sama juga diutarakan Yudi (33). Menurutnya, banjir kiriman ini dirasakan warga menjadi keresahan yang berkepanjangan.

Halaman:

Editor: Brilliant Awal


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X