Cerita Tahun 1998, Rizal Ramli: Ekonomi Indonesia 2021 Akan Mengalami Krisis yang Jauh Lebih Serius

- 14 Januari 2021, 17:57 WIB
Ekonom Senior Rizal Ramli.
Ekonom Senior Rizal Ramli. /Tangkap layar YouTube Indonesia Lawyers Club


GALAMEDIA - Mantan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Rizal Ramli memprediksi pada tahun 2021 ini ekonomi Indonesia masih akan mengalami krisis yang jauh lebih besar dari tahun 1998 apabila tidak segera diantisipasi.

Ekonom senior ini menceritakan pada tahun 1996 dirinya pernah megeluarkan sekitar 150 halaman buku yang berisi prediksi bahwa akan mengalami krisis besar.

Mantan Kepala Bulog itu menyebutkan saat itu banyak analis baik dari dalam dan luar negeri yang mengatakan bahwa kondisi ekonomi Indonesia baik-baik saja.

"Pada Oktober 1997 dalam pertemuan di Seskoad di Bandung dihadiri 200-an jenderal dan kolonel, Kami tegaskan bahwa kalau melihat situasi geopolitik, ekonomi dan sosial, Pak Harto bakal jatuh sebentar lagi. Dibantah juga seperti biasa, dan terjadi," ujar pria yang akran disapa RR ini saat menjadi narasumber dalam diskusi daring Pergerakan Indonesia Maju (PIM) bertajuk "Outlook 2021: National Economic Outlook" pada Kamis 14 Januari 2021.

Baca Juga: Untuk Dapatkan Bansos, Mensos Risma Nyatakan Gelandang dan Pengemis Wajib Miliki e-KTP

Rizal menambahkan, beberapa kalangan kala itu menyangka karena krisis ekonomi 1998 itu tidak akan besar. Namun, cara Presiden Soeharto mengatasi krisis justru mengikuti cara IMF.

"Dia berjalan ke arah kehancuran. Berbeda dengan pendekatan 2 negara lain yaitu Korsel begitu ada krisis 1997 dia bawa 100 Taipan Korea ke New York dia minta tolong sama Gubernur Bank Central. Korea cepat keluar dari krisis," tuturnya.

"Ternyata apa yang saya ramalkan dua tahun sebelumnya terjadi nyaris sama," katanya.

Pada tahun 2021, ia pun kembali memprediksi kondisi ekonomi Indonesia akan jauh lebih serius ketimbang tahun 1998.

Baca Juga: Jelang Masa Pensiun, Kapolri Jenderal Idham Azis Keluarkan Instruksi Tegas

"Kali ini tahun 2021 kami katakan mohon maaf, ekonomi Indonesia akan mengalami krisis yang jauh lebih serius dibandingkan dengan kala lalu itu," imbuhnya.

"Yang ingin kami katakan, Rizal Ramli gak percaya dengan ramalan-ramalan paranormal, tapi yang kami lakukan adalah memperkirakan perkembangan situasi melakukan simulasi dan skenario terbaik dan dari ramalan-ramalan kami di dalam bidang ekonomi, korporasi, insya Allah selama ini nyaris bener semua lah," sambungnya.

Baca Juga: Ahok dan Raffi Ahmad Ikut Pesta Tanpa Protokol Kesehatan, Istana Gelar Rapat Bahas Soal Sanksi

Selain RR, narasumber lain dalam webinar Pergerakan Indonesia Maju antara lain; Managing Director PEPS, Jurnalis Senior sekaligus mantan Dirut PLN Dahlan Iskan, Ekonom Indef Didik Rachbini, Pengamat AEPI Salamudin Daeng.

Kemudian Wakil Ketua Umum Dewan Nasional Pergerakan Indonesia Maju (DN-PIM) Philips K Widjaya dan Ketua Umum DN-PIM Din Syamsuddin.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x