16 Korban Longsor Cimanggung Masih dalam Pencarian, 24 Orang Sudah Ditemukan Meninggal

- 14 Januari 2021, 18:52 WIB
 Sekda Sumedang Herman Suryatman memberikan penjelasan kepada Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Republik Indonesia Muhadjir Efendi saat melakukan monitoring lokasi bencana longsor di Desa Cihanjuang Kecamatan Cimanggung, Kamis 14 Januari 2021.
Sekda Sumedang Herman Suryatman memberikan penjelasan kepada Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Republik Indonesia Muhadjir Efendi saat melakukan monitoring lokasi bencana longsor di Desa Cihanjuang Kecamatan Cimanggung, Kamis 14 Januari 2021. /Ade Hadeli/

GALAMEDIA - Hingga saat ini, Kamis 14 Januari 2021, tim Gabungan yang melakukan pencarian dan evakuasi korban longsor Dusun Bojongkondang Desa Cihanjuang Kec. Cimanggung Kab. Sumedang, berhasil menemukan 24 korban meninggal yang tertimbun longsor.

"Kemarin sudah ditemukan 21 korban meninggal. Hari ini ditemukan lagi 3 korban. Jadi sampai hari keenam sudah ditemukan 24 korban ditemukan meninggal," kata Komandan Pos Komando Penanganan Darurat Bencana Longsor dan Banjir yang juga Sekda Sumedang Herman Suryatman, Kamis 14 Januari 2021.

Namun berdasarkan data korban hilang, masih ada 16 korban lagi yang masih dalam pencarian.

Baca Juga: Ada Ramalan Jokowi Digantikan Tahun 2021, Deddy Corbuzier: Itu Enggak Boleh!

Menurut Herman, intensitas hujan yang masih tinggo di wilayah tersebut, cukup menyulitkan tim untuk melakukan pencarian.

Selain itu, terdapatnya retakan dan terjadinya longsoran susulan hingga membutuhkan kewaspadaan ekstra tinggi bagi seluruh tim saat berada di lokasi pencarian.

sementara itu Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Efendi yang melakukan monitoring lokasi bencana longsor menuturkan, berharap penanganan bencana tanah longsor di Kabupaten Sumedang bisa dilakukan secara cepat dan tuntas, di samping ada kebijakan strategis yang bisa menjadi solusi persoalan.

Baca Juga: Cerita Tahun 1998, Rizal Ramli: Ekonomi Indonesia 2021 Akan Mengalami Krisis yang Jauh Lebih Serius

"Tidak hanya kasus yang ada di sini (Kecamatan Cimanggung), tapi kita akan lihat secara menyeluruh, terutama di Kabupaten Sumedang sehingga tidak ada lagi kasus seperti ini," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x