Gempa Bumi Sulbar, Empat Orang Tewas dan Sekitar 600 Orang Alami Luka-Luka

- 15 Januari 2021, 11:50 WIB
Sejumlah bangunan rusak akibat gempa bumi magnitudo 6.2 yang mengguncang Majenen Sulawesi Barat, Jumat dini hari 15 Januari 2021
Sejumlah bangunan rusak akibat gempa bumi magnitudo 6.2 yang mengguncang Majenen Sulawesi Barat, Jumat dini hari 15 Januari 2021 /ANTARA Foto/M Faisal Hanapi

GALAMEDIA - Dilaporkan ada empat
Warga yang meninggal dan 600 lainnya menderita luka-luka akibat gempa bumi bermagnitudo 6.2 yang guncang Majene Sulawesi Barat. Demikian laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Majene, Jumat 15 Januari 2021.

Data Pusat Pengendali Operasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana  (BNPB) per 15 Januari 2021, pukul 08.00 WIB, mencatat sekitar 637 warga mengalami luka-luka dan 3.000 lainnya mengungsi di Kabupaten Majene, Provinsi Sulawesi Barat. 

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati, mengatakan, saat ini BPBD setempat terus melakukan pendataan dan kaji cepat di lapangan. 

Baca Juga: Pemerintah Perpanjang Berbagai Insentif Pajak Hingga 31 Desember 2021

Sementara itu, kerusakan bangunan di kabupaten ini mencakup 62 unit rumah rusak, satu unit puskesmas rusak berat, satu kantor Danramil Maluda rusak berat, jaringan listrik padam, komunikasi seluler tidak stabil, dan longsor tiga titik sepanjang jalan poros Majene-Mamuju. 

Di Kabupaten Mamuju, BPBD setempat menginformasikan kerusakan berat antara lain Hotel Maleo, kantor gubernur Sulawesi Barat, dan sebuah minimarket. 

"Jaringan listrik dan komunikasi seluler juga terganggu di wilayah Mamuju. Kerusakan rumah warga masih dalam pendataan," kata Raditya di Jakarta, Jumat, 15 Januari 2021. 

Baca Juga: Enam Wakil Indonesia Akan Berjuang di Babak Delapan Besar Yonex Thailand Open

Petugas BNPB memonitor upaya penanganan darurat di lapangan dilakukan oleh berbagai pihak, seperti BPBD, BNPP/Basarnas, TNI, Polri, sukarelawan dan mitra terkait lainnya. 
    
Kebutuhan yang diinformasikan oleh BPBD setempat berupa sembako, selimut dan tikar, tenda pengungsi, pelayanan medis, terpal, alat berat/ekskavator, alat komunikasi, makanan siap saji dan masker. 

Kepala BNPB, Doni Monardo berangkat ke Mamuju, Sulawesi Barat. Doni pun langsung menginstruksikan helikopter BNPB menuju lokasi bencana. Ada empat helikopter BNPB dikerahkan.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x