Waspada, Gempa Besar Susulan Disertai Tsunami Berpotensi Terjadi di Wilayah Sulawesi Barat

- 15 Januari 2021, 13:41 WIB
Ilustrasi gelombang tsunami. /Elias Sch/PIXABAY


GALAMEDIA - Masyarakat dan pemerintah daerah di Sulawesi Barat harus mewaspadai gempa susulan dan kemungkinan adanya potensi tsunami di wilayah tersebut.

"Kemungkinan masih ada potensi gempa susulan yang bisa mencapai kekuatan seperti yang sudah terjadi atau lebih," kata Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati dalam konferensi pers daring, Jumat 15 Januari 2021.

Dwikorita mengungkapkan akibat kondisi batuan sudah diguncang gempa sebelumnya dan sudah rapuh karena pusat gempa di pantai, memungkinkan terjadi longsor di bawah laut sehingga dapat berpotensi tsunami.

Baca Juga: Kepala BNPB dan Mensos Langsung Terbang Ke Majene, Kunjungan ke Sumedang Dibatalkan

"Kami imbau masyarakat di daerah terdampak tidak hanya menjauhi bangunan yang rentan atau gedung-gedung tapi juga apabila kebetulan masyarakat di wilayah pantai dan merasakan guncangan gempa lagi segera menjauhi pantai tidak perlu menunggu peringatan dini," tambah dia.

Disebutkan, evakuasi harus segera dilakukan karena seperti kejadian sebelumnya tsunami di Palu pada 2018, tsunami terjadi hanya dalam waktu sekitar tiga menit setelah gempa bumi sementara peringatan dini belum dikeluarkan.

Sebelumnya, wilayah Majene di Provinsi Sulawesi Barat pada Jumat 15 Januari 2021 pukul 01.28 WIB diguncang gempa dengan magnitudo 6,2.

Baca Juga: Praveen/Melati Berhasil Lewati Hadangan Pasangan Denmark untuk Tampil di Semi final Thailand Open

Gempa bumi tersebut masih merupakan rangkaian gempa dengan magnitudo 5,9 yang terjadi pada Kamis 14 Januari 2021 pukul 13.35 WIB.

Hingga pukul 06.00 WIB, BMKG mencatat telah terjadi 28 kali gempa bumi di wilayah tersebut.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X