Cegah Banjir, OSIS SMK Plus Al-Ghifari Lakukan Gerakan Pungut Sampah dan Bersihkan TPS Liar

- 15 Januari 2021, 15:19 WIB
Al Ghifari
Al Ghifari /Dokumen al ghifari

GALAMEDIA - Berawal dari keprihatinan melihat tumpukan sampah di lingkungan masyarakat sekitar. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Plus Al-Ghifari yang berdomisili di Jl. Cilengkrang I Kel. Cisurupan Kec. Cibiru Kota Bandung tergerak untuk berinisiatif merapihkan dan membersihkan tempat tersebut.

Munculnya "tempat pembuangan sampah (TPS)" liar di beberapa titik yakni di wilayah Kecamatan Cibiru, Ujung Berung dan di wilayah Cokoneng Kab. Bandung. Apalagi tumpukan sampah (TPS liar) tersebut, semakin lama semakin banyak sehingga oknum masyarakat yang tidak bertanggung jawab terbiasa membuang sampah di tempat tersebut.

Akibat tumpukan sampah tersebut menyebabkan bau tidak sedap, pemandangan tidak nyaman dan pada musim hujan seperti sekarang ini, sampah tersebut bisa menyumbat saluran air sehingga tidak jarang menyebabkan banjir.

Baca Juga: Vokalis Grup Band Kapten Cs Digerebek Polisi saat Pesta Sabu, Ahmad Zaki: Karena Sepi Job

Demikian disampaikan, Ade Irwan Hidayatullah, S.Pd, Kepala SMK Plus Al-Ghifari, Jumat 15 Januari 2021 di Kampus SMK Plus Al-Ghifari Jl. Cilengkrang I, Cisurupan, Cibiru, Kota Bandung.

Ade Irwan mengatakan melihat kondisi diluar lingkungan kampus yang memprihatinkan dengan masih adanya titik-titik TPS liar, maka pihaknya mengumpulkan sejumlah guru dan koordinator siswa (OSIS) dari 3 jurusan SMK Plus Al-Ghifari yakni jurusan Teknik Komputer Jaringan, Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran dan Teknis Bisnis Sepeda Motor untuk membuat gerakan sosial berupa gerakan pungut sampah masal dan ajakan kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan.

"Alhamdulillah, program gerakan peduli lingkungan berupa pungut sampah masal dan ajakan tidak buang sampah sembarangan mendapat dukungan positif dari pemerintahan setempat baik dari Camat atau Lurah", katanya.

Baca Juga: Dipercepat, Pembangunan Tol Cisumdawu Ditargetkan Selesai Tahun 2021

Setiap sepekan sakali, kata Ade, sejumlah peserta didik yang dikomandoi pengurus OSIS dan guru yang terbagi menjadi beberapa kelompok lengkap dengan peralatan menyebar ke beberapa titik sasaran TPS liar yang akan dibersihkan.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x