Alhamdulillah, PLN Beri Keringanan Biaya Listrik bagi Warga Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat

- 15 Januari 2021, 16:28 WIB
Subsidi token listrik gratis PLN Januari 2021.
Subsidi token listrik gratis PLN Januari 2021. /pln.co.id/



GALAMEDIA - Pemberian bantuan keringanan biaya listrik kepada pelanggan Perusahaan Listrik Negara (PLN) diperpanjang hingga Maret 2021.

Keringanan ini termasuk bagi pelanggan di Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Program diskon tagihan listrik 100% bagi pelanggan rumah tangga, serta pelanggan bisnis dan industri berdaya 450 Volt Ampere (VA) dan diskon 50% bagi pelanggan berdaya 900 VA bersubsidi.

Baca Juga: Pecah Rekor Lagi, Hari Ini Total Pasien Positif Covid-19 Mencapai 882.418 Orang

"Itu program sejak tahun lalu, tapi diperpanjang sampai Maret 2021. Daya 450 VA gratis, 900 VA 50% bagi yang punya BDT (Basis Data Terpadu)," terang Manager Bagian Pemasaran Perusahaan Listrik Negara Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (PLN UP3) Cimahi, Moh. Nizar Anwaruddin saat dihubungi, Jumat 15 Januari 2021.

Di wilayah pelayanan PLN UP3 Cimahi yang meliputi Kota Cimahi, KBB dan Margaasih (Kabupaten Bandung), tercatat ada sekitar 255 ribu pelanggan yang mendapatkan diskon tersebut. Rinciannya, 200 ribu pelanggan 450 VA, dan 44 ribu pelanggan 900 VA.

Dikatakannya, program tersebut merupakan instruksi dari Presiden Joko Widodo, dan PLN pusat untuk membebaskan dan memberikan diskon bagi pelanggan pemilik Kartu Indonesia Sejahtera (KIS) dan yang terdaftar dalam Basis Data Terpadu (BDT).

Baca Juga: Inalillahi, 34 Orang Meninggal Dunia dalam Bencana Gempa di Sulawesi Barat

“Pada intinya kami PLN di Unit sangat men-suport apa yang sudah ditetapkan pemerintah, dan meneruskan delegasi tugas dari PLN Pusat," jelas Nizar.

Untuk pelanggan pascabayar yang mendapatkan pembebasan biaya maupun diskon, terang Nizar, pelanggan langsung di bebaskan dari pembayaran. “Kalau yang pascabayar ini otomatis pelanggan langsung gratis,” jelasnya.

Sedangkan untuk yang pelanggan prabayar, kata Nizar, pelanggan bisa mengakses website PLN, aplikasi PLN Mobile dan beberapa media sosial seperti WhatsApp dan telegram.

Baca Juga: Mereka yang Wafat Karena Wabah Menular Pahalanya Sama dengan Mati Syahid, Ini Penjelasannya

"Kalau pelanggan yang biasa bayar manual, rekeningnya munculnya Rp 0, karena dapat stimulus dari pemerintah itu," beberapa Nizar.

Sejauh ini, lanjut Nizar, PLN UP3 Cimahi tidak hanya memberikan pembebasan pembayaran rekening listrik dan diskon saja, namun ada hal yang lebih penting yakni, pihaknya tetap siaga dalam menjaga kehandalan pasokan listrik di tengah pandemi Covid-19.

Di antaranya, menjaga kehandalan rumah sakit yang sudah ditetapkan sebagai rujukan pemerintah, seperti Rumah Sakit Dustira, dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibabat, Kota Cimahi.

Baca Juga: Tahu tidak? Kaos Kaki Ternyata Mewakili Karakter Diri

“Langkah tersebut merupakan dukungan kami terhadap kebijakan pemerintah, sekaligus membatasi interaksi antara petugas kami dengan warga,” terangnya.

Agar memudahkan masyarakat, saat ini PLN unit Cimahi memaksimalkan sejumlah layanan yang bersifat virtual seperti PLN Mobile, Website, dan Call Center 123. ***

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x