Wow! Ombudsman Jabar Berhasil Selamatkan Uang Negara Rp7,7 Miliar Hasil Investigasi Pengaduan

- 16 Januari 2021, 10:29 WIB
Kepala keasistenan bidang pemeriksaan laporan, Ombudsman RI Provinsi Jawa Barat,   Noer Adhe Purnama S.H., M.H.
Kepala keasistenan bidang pemeriksaan laporan, Ombudsman RI Provinsi Jawa Barat, Noer Adhe Purnama S.H., M.H. /Eli Siti Wasliah

GALAMEDIA - Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Jawa Barat sampai Desember 2020 lalu telah berperan dalam upaya penyelematan uang negara hingga mencapai lebih dari Rp7,7 miliar.

Upaya penyelematan uang negara tersebut diungkap melalui investigasi pengaduan pada subtansi pertanahan, perizinan, penegakan hukum, pelayanan administrasi aset daerah, lingkungan, pendidikan, dll.

Menurut Kepala keasistenan bidang pemeriksaan laporan, Ombudsman RI Provinsi Jawa Barat, Noer Adhe Purnama S.H., M.H., data yang dihimpun sampai dengan Desember 2020, pihaknya meneriam laporan sebanyak 217 laporan/pengaduan.

Baca Juga: Surat Ad Dhuha, Berikut Arab, Latin, dan Terjemahnya, Yuk Tingkatkan Terus Tadarus Alqurannya

"Laporan yang masuk hingga saat ini didominasi oleh subtansi pertanahan, perizinan, penegakan hukum, ketenagakerjaan, pendidikan, adminduk dan kesehatan," kata Adhe dalam siaran pers Sabtu, 16 Januari 2021.

Laporan yang masuk, katanya didukung oleh masyarakat yang berani dan memiliki trust untuk melaporkan permasalahannya kepada Ombudsman RI Perwakilan Jabar.

Ia menyebutkan, beberapa objek temuan berdasarkan hasil investigasi diantaranya berkaitan dengan penanganan pengadaan tanah. Masalah ini sering menciptakan benturan antara masyarakat dan pemerintah (pusat/daerah).

Baca Juga: Memahami Makna Asmaul Husna: Al Ghofur, Asy Syakuur, Al Ali, Yuk Dizikir dengan Nama Allah

Lalu, pengelolaan HGU yang tidak sesuai dengan prosedur, pengelolaan fasilitas khusus dan fasilitas umum pada aset milik pemerintah daerah, pengelolaan/manajemen aset Rumah Dinas Milik Negara, proses administrasi investasi di daerah.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x