Terbaru 34 Orang Tewas Akibat Gempa Bumi Majene Sulawesi Barat

- 16 Januari 2021, 11:04 WIB
Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Doni Monardo (kanan) beserta Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas (kiri). Dok. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).
Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Doni Monardo (kanan) beserta Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas (kiri). Dok. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). /BNPB/

GALAMEDIA - Hingga Sabtu pagi, 16 Januari 2021, korban tewas akibat gempa di Sulawesi Barat (Sulbar) tercatat ada 43 orang. Korban paling banyak ada Kabupaten Mamuju.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo dakam rekaman videonya mengatakan, korban tewas di Mamuju ada 34 orang. Sembilan korban tewas lainnya ada di Kabupaten Majene. Dua wilayah di Sulbar ini jadi wilayah terparah akibat gempa bumi.

"Total semua (korban tewas) 43 orang," kata Doni dalam rekaman video yang diterima, Sabtu.

Baca Juga: Hingga Sabtu Pagi Sedikitnya Telah Terjadi 32 Gempa Susulan di Sulawesi Barat

Sementara jumlah korban luka, ada 200 orang mengalami luka berat dan sedang. Data ini termasuk korban luka di Kabupaten Majene yang berjumlah 69 orang.

"Namun jumlah ini fluktuatif, ada yang mungkin mulai sembuh tapi ada juga yang baru dibawa ke rumah sakit," tambahnya.

Doni juga menyatakan pihaknya telah mendapatkan sejumlah informasi terkait kebutuhan korban gempa di Mamuju dan Majene, mulai dari obat-obatan, perlengkapan operasi bagi korban yang terluka parah dan patah tulang, serta sejumlah vitamin.

Baca Juga: Wow! Ombudsman Jabar Berhasil Selamatkan Uang Negara Rp7,7 Miliar Hasil Investigasi Pengaduan

Sebelumnya, gempa melanda Mamuju dan Majene selama dua hari berturut-turut. Gempa pertama terjadi pada Kamis 14 Januari sekitar pukul 14.30 Wita dengan magnitudo 5,9. dan beberapa provinsi tetangga dengan kekuatan 6,2 magnitudo pada Jumat 15 Jumat sekitar pukul 02.28 Wita.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X