Washington Bagai Baghdad, Empat Hari Jelang Pelantikan Biden Gedung Putih Bak Zona Perang Irak

- 16 Januari 2021, 20:26 WIB
Jelang pelantikan Joe Biden Gedung Capitol AS perketat keamanan, Washington DC Lock Down dan Delta larang penumpang membawa senjata. /Pixabay/Jackelberry/

GALAMEDIA - Empat hari menjelang pelantikan ke-46 AS, Joe Biden, Washington DC terkunci dalam perimeter Green Zone (Zona Hijau).

Titik aman bersistem keamanan tingkat tinggi seperti di Baghdad saat Perang Irak itu diterapkan di jantung pemerintahan AS.

Dikutip Galamedia dari DailyMail, Sabtu (16 Januari 2020) kompleks sekitar Gedung Putih dalam status lockdown dengan lebih dari 20.000 pasukan Garda Nasional bersenjata dimobilisasi hingga Capitol Hill.

Baca Juga: Ribuan Es Krim Positif Covid, Aparat Sibuk Lacak Pembeli

Kawat bersilet pun terpasang di semua pagar dan penghalang jalan ditempatkan di titik-titik kusial seiring ancaman keamanan di ibu kota.

Dinas Rahasia yang bertanggung jawab atas semua keamanan telah merilis peta akses terbatas di jantung DC dalam rencana yang disebut sebagai Zona Hijau.

Istilah Zona Hijau sendiri pertama digunakan untuk daerah yang dijaga ketat di Baghdad selama Perang Irak.

Baca Juga: Gunung Semeru Meletus! Warga Waspadai Awan Panas

Sebagian besar pusat kota DC sekarang terlarang untuk lalu lintas dengan tingkat keamanan yang mengingatkan paa zona keamanan tinggi Baghdad.

Halaman:

Editor: Mia Fahrani

Sumber: dailymail


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X