Korban Longsor Cimanggung Sumedang Sudah Ditemukan Semua, Pencarian Ditutup

- 19 Januari 2021, 10:16 WIB
Semua korban tertimbun longsor di Sumedang Jawa Barat berhasil ditemukan Tim SAR gabungan, total 40 orang telah dievakuasi. Operasi pencarianpun resmi berakhir. /Komunikasi Kebencanaan BNPB/Ignatius Toto

GALAMEDIA - Seluruh korban bencana tanah longsor di Kampung Kampung Bojong Kondang, Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat berhasil ditemukan.

Dimana pada Senin 18 Januari 2021, tim SAR Gabungan menemukan 8 korban tersisa hingga korban yang ditemukan berjumlah 40 orang.

Basarnas Bandung pun resmi menutup operasi pencarian terhadap 40 korban yang telah ditemukan Tim SAR Gabungan dalam keadaan meninggal dunia.

Baca Juga: Setelah Kalsel, Presiden Jokowi Tinjau Lokasi Gempa di Sulawesi Barat

Kepala Kantor SAR Bandung Deden Ridwansyah mengatakan pencarian itu dinyatakan ditutup setelah satu korban dalam pencarian yang tersisa ditemukan pada pukul 21.13 WIB sehingga 40 korban yang tertimbun sejauh ini berhasil ditemukan dan dievakuasi Tim SAR.

"Keberhasilan ini berkat kerja sama yang baik antara unsur yang ada di lapangan, sehingga semua korban yang menjadi korban bencana longsor ini berhasil dievakuasi di hari ke-10 ini," kata Deden di Posko Koordinasi SAR Gabungan di Cimanggung, Kabupaten Sumedang.

Pada hari ke-10 pencarian ini, seperti dilansirkan Antara, ada delapan orang yang ditemukan sejak pencarian dimulai pada pagi hari. Maka dari itu, ia menyatakan pencarian ini sesuai dengan target yakni tepat selesai pada tiga hari perpanjangan pencarian.

Baca Juga: Resep Cream Soup Jagung yang Creamy dan Yummy Ala Rumahan, Dijamin Ketagihan

Sebelumnya Tim SAR menyatakan proses pencarian diperpanjang hingga tiga hari setelah pencarian menginjak hari ketujuh pada Jumat 15 Januari 2021. Peristiwa longsor itu sendiri terjadi pada Sabtu 9 Januari 2021 petang dan malam hari.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X