Cuaca Ekstrem Berpotensi Terjadi di Jawa Barat, BMKG Minta Masyarakat Waspada

- 19 Januari 2021, 10:37 WIB
Ilustrasi hujan disertai petir./
Ilustrasi hujan disertai petir./ /Pexel/Peter

GALAMEDIA - Sebagian besar wilayah Indonesia telah memasuki puncak musim hujan. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat mewaspadai cuaca ekstrem.

Salah satu daerah yang berpotensi dilanda cuaca ekstrem adalah Jawa Barat.

"Tercatat sebagian besar wilayah Indonesia, yaitu 94 persen dari 342 Zona Musim telah memasuki musim hujan," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam rilis yang diterima di Jakarta, Selasa, 19 Januari 2021.

Sebagian besar wilayah yang sudah memasuki Puncak Musim Hujan tersebut, terutama Jawa, Bali, Sulawesi Selatan hingga Nusa Tenggara.

Baca Juga: Berkaca Erupsi Sinabung, Waspadai Gunung Manglayang, Ini Tanda Alam Gunung Berapi akan Erupsi

Dwikorita menjelaskan, saat ini kondisi dinamika atmosfer yang tidak stabil dalam beberapa hari ke depan dapat berpotensi meningkatkan pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia.

Kondisi tersebut dipicu oleh menguatnya Monsun Asia yang ditandai dengan semakin kuatnya aliran angin lintas ekuator di Selat Karimata, diperkuat oleh pengaruh hadirnya gelombang atmosfer ekuatorial tropis Madden Julian Oscillation (MJO) dan Gelombang Rossby yang saat ini aktif di wilayah Indonesia.

Kehadiran MJO tersebut seperti dilansirkan Antara, dapat bersuperposisi dengan penguatan Monsun Asia yang dapat disertai munculnya fenomena seruakan dingin (cold surge) di Laut China Selatan.

Baca Juga: Korban Longsor Cimanggung Sumedang Sudah Ditemukan Semua, Pencarian Ditutup

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

x