Uni Eropa Desak Joe Biden Ambil Langkah Dalam Memerangi Covid-19, Dunia Butuh Kepemimpinan AS

- 20 Januari 2021, 11:06 WIB
Presiden Amerika Serikat terpilih dari Partai Demokrat, Joe Biden
Presiden Amerika Serikat terpilih dari Partai Demokrat, Joe Biden /Instagram.com/@joebiden/

GALAMEDIA - Kepemimpinan Amerika Serikat dibutuhkan dunia dalam peperangan melawan Covid-19. Demikian kata petinggi hubungan luar negeri Uni Eropa (EU), Rabu 20 Januari 2021. Bahkan mereka pun mendesak Presiden-terpilih Joe Biden untuk mengambil langkah usai pemerintahan Trump yang dikritik secara luas karena respons lambat terhadap pandemi.

Dengan negara-negara maju mengambil jauh lebih banyak dosis dari berbagai vaksin virus corona dibandingkan negara-negara yang lebih miskin, kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell mengatakan semua tergantung kepada Amerika Serikat untuk mengambil kembali tempatnya sebagai "mesin dunia" dan membantu.

"Tahun ini, dunia akan menghadapi salah satu tantangan terbesar, yakni untuk memvaksin umat manusia. Upaya ini akan membutuhkan banyak solidaritas, banyak kerja sama dan cukup banyak sumber daya," kata Borrell saat diwawancara oleh Reuters.

Baca Juga: Baca Doa Ini Sebelum Tidur dan Sesudah Bangun Sesuai Sunnah Nabi Muhammad SAW

"Ini adalah krisis global pertama di mana kepemimpinan AS telah hilang dan dunia membutuhkan kepemimpinan Amerika," kata Borrell yang menjanjikan dukungan EU kepada Washington.

Dalam pandemi yang telah menewaskan hampir 400.000 warga AS dan mengancam ekonomi AS, penanganan virus oleh Presiden Donald Trump telah dikritik di dalam negeri, melemahkan respons internasional yang luas.

Borrell juga mengusulkan pembangunan kembali hubungan trans-atlantik setelah era Trump, dan menggambarkan pendekatan 'America First' Trump sebagai pemerintahan melalui platform media sosial Twitter.

Baca Juga: Benarkah Orang yang Sudah Meninggal Menunggu Diziarahi? Ini Penjelasannya

"Hanya dengan dua hal, AS kembali ke perjanjian iklim dan bergabung kembali dengan kesepakatan nuklir dengan Iran, dunia akan jauh lebih baik dan lebih aman," katanya di hari terakhir Trump sebagai presiden.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x