BMKG : Sebagian Besar Wilayah Indonesia Sudah Memasuki Musim Hujan, Waspada Terjadi Cuaca Ekstrem

- 20 Januari 2021, 11:36 WIB
BMKG.
BMKG. /BMKG./

GALAMEDIA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut saat ini sebagian besar wilayah Indonesia telah memasuki puncak musim hujan seperti yang telah diprediksikan sejak Oktober 2020. Puncak musim hujan akan terjadi pada Januari dan Februari 2021.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati meminta masyarakat untuk waspada terhadap terjadinya cuaca ekstrem.

"Saat ini tercatat sebagian besar wilayah Indonesia, yaitu 94 persen dari 342 zona musim telah memasuki musim hujan," kata Dwikorita dalam keterangannya, Rabu 20 Januari 2021.

Sebagian besar wilayah yang sudah memasuki puncak musim hujan itu terutama Jawa, Bali, Sulawesi Selatan hingga Nusa Tenggara.

Baca Juga: Pentolan Idola K-Pop Red Velvet, Irene Akan Memulai Debutnya di Film Layar Lebar Double Patty

Dwikorita menjelaskan saat ini kondisi dinamika atmosfer yang tidak stabil dalam beberapa hari ke depan dapat berpotensi meningkatkan pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia.

"Kondisi tersebut dipicu oleh menguatnya Monsun Asia yang dapat disertai dengan aliran angin lintas ekuator di Selat Karimata. Diperkuat oleh pengaruh hadirnya gelombang atmosfer ekuatorial tropis Madden Julian Oscillation (MJO) dan Gelombang Rossby yang saat ini aktif di wilayah Indonesia," katanya.

Dijelaskannya, kehadiran MJO tersebut dapat bersuperposisi dengan penguatan Monsun Asia yang dapat pula disertai munculnya fenomena seruakan dingin (cold surge) di Laut China Selatan.

Baca Juga: Uni Eropa Desak Joe Biden Ambil Langkah Dalam Memerangi Covid-19, Dunia Butuh Kepemimpinan AS

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x